Bisnis

Mentan Tawarkan Produk Pertanian dan EBT Muba ke Dubes Qatar

EkbisNews.com, Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex untuk mengikuti video conference (vidcon) bersama Duta Besar Qatar untuk Indonesia Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti.

Dalam siaran pers yang diterima Ekbisnews.com, Mentan Syahrul Yasin Limpo melakukan vidcon dari kantor Kementerian Pertanian di Jakarta didampingi sejumlah pejabat kementerian diantaranya, Dirjen Perkebunan Kementan Kasdi Subagyono, Dirjen Prasarana dan Sarana Sarwo Edhy, Dirjen Tanaman Pangan Suwandi, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Nasrullah, Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil dan staf khusus Imam Mujahidin Fahmi.

Pada vidcon tersebut selain membahas hubungan Indonesia dan Qatar dalam bidang pertanian, Menteri Syahrul Yasin Limpo juga memperkenalan dan menawarkan sejumlah produk pertanian dan energi baru terbarukan (EBT) yang berasal dari Kabupaten Muba.

Lihat Juga  PTBA Gandeng ACT Ltd Bakal Produksi Karbon Aktif

“Pada video conference dengan Duta Besar Qatar untuk Indonesia, Menteri Pertanian menyatakan akan memfasilitasi dan menjadwalkan pertemuan dengan Dubes Qatar guna membahas kerjasama pada sektor pertanian yang ada di Musi Banyuasin,” kata Bupati Dodi Reza Alex, Jumat (29/1).

Menurut Dodi, saat dialog juga disampaikan tentang keunggulan Muba di sektor energi khususnya pada energi baru terbarukan melalui hilirisasi minyak kelapa sawit atau Industrial Vegetable Oil  menjadi bensin sawit. “Alhamdulillah Dubes Qatar sangat merespon positif dan mengapresiasi tawaran tersebut dan Kementerian Pertanian akan memfasilitasi serta mempersilahkan pihak Kedutaan Besar Qatar berkunjung ke Muba,” ujarnya.

Negara Qatar menurut Dodi dikenal sebagai negara penghasil minyak dan gas bumi, namun ternyata Qatar adalah negara di jazirah Arab yang sangat sukses dalam meningkatkan hasil produk pertaniannya sehingga berdampak langsung terhadap warganya.

Lihat Juga  Pondok Modern Gontor Siap Berdiri di Muba

“Maka kerjasama dengan Qatar di bidang pertanian tentu sangat tepat. Kerjasama ini akan menjadi sinergi dalam meningkatkan produk pangan lokal yang dimiliki Muba,” kata bupati peraih gelar doktor dari Fisip Universitas Padjadjaran (Unpad).

Sementara itu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengharapkan kerjasama bidang pertanian dan perkebunan tersebut dapat berjalan lancar. “Potensi hasil pertanian serta energi terbarukan dari komoditas perkebunan di Muba ini nantinya diharapkan dapat menjembatani kerjasama lebih maksimal dari dua negara yakni Indonesia dan Qatar,” kata mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel).

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button