LifeStyle

Sebanyak 1059 Diwisuda, UIN Raden Fatah Palembang Gelar Wisuda Ke-88

EkbisNews.com, Palembang  – UIN Raden Fatah Palembang menggelar wisuda ke-88 bertempat di Gedung Centre UIN Raden Fatah, Sabtu (9/3/2024). Sebanyak 1059 wisudawan dan wisudawati yang diwisuda.

Untuk Sarjana Berprestasi Program Doktor (S3) diraih wisudawati Endah Kesuma Dewi dengan IPK 3.87. Kemudian Sarjana Berprestasi Program Magister (S2) diraih Indri Priscilia dengan IPK 4,0. Selanjutnya Sarjana Berprestasi Program Strata 1 (S1) diraih Faizah Wahyu Rahmadiah dengan IPK 3,97.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si mengucap selamat kepada 1059 wisudawan dan wisudawati UIN Raden Fatah Palembang yang ke-88. S1 berjumlah 1022, S2 berjumlah 33 dan S3 berjumlah 4 wisudawan dan wisudawati. Para wisudawan dan wisudawati ini berhasil menyelesaikan studi dari Fakultas Syariah dan Hukum berjumlah 136 orang terdiri dari S1 125 orang dan S2 sebanyak 11 orang. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan berjumlah 368 orang, terdiri dari S1 357 orang dan S2 11 orang.

Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam berjumlah 67 orang, terdiri dari S1 berjumlah 64 orang dan S2 3 orang. Fakultas Adab dan Humaniora berjumlah 61 orang di jenjang S1. Fakultas Dakwah dan Komunikasi berjumlah 99 orang (S1). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam berjumlah 167 orang terdiri dari S1 164 orang dan S2 3 orang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi berjumlah 43 orang (S1). Fakultas Sains dan Teknologi berjumlah 68 orang (S1). Fakultas Psikologi berjumlah 41 orang (S1). Pascasarjana program Magister berjumlah 5 orang dan program Doktor (S3) berjumlah 4 orang.

“Alhamdulillah, dalam kurun 4 Bulan terakhir, Kampus yang kita banggakan, UIN Raden Fatah Palembang, memperoleh berbagai keberkahan kemajuan dan keunggulan. Di bulan November yang lalu kita telah melaksanakan kegiatan Asessment Lapan (AL) Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) tepat di tanggal 10 sampai 12 November 2023. Alhamdulillah sebuah prestasi yang sangatmembanggakan bagi kita semua UIN Raden Fatah Palembang mendapatkan akreditasi “unggul”. Salah satu Asesor yang menilai ketika itu yaitu Bapak Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, MA yang hari ini turut membersamai di tengah kita. Ini sebuah capaian yang sangat luar biasa,” tambahnya.

Lihat Juga  Tiga Model KKN UIN Raden Fatah Berbasis Pandemi Covid-19

Dalam kesempatan ini, Nyayu Khodijah mengucapkan terimakasih kepada seluruh pimpinan, seluruh pejabat dan seluruh civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang dalam mensukseskan kegiatan Asessment Lapan (AL) AkreditasiPerguruan Tinggi (APT) tersebut.

“Tak lupa juga diucapkan ribuan terima kasih kepada Tim Asesor atas segala masukan dan saran bagi kemajuan UIN Raden Fatah Palembang. Prestasi (Akreditasi Unggul) ini mudah-mudahan menjadi rekognisi UIN Raden Fatah Palembang baik di kancah global maupun dimata dunia. Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu UIN Raden Fatah Palembang kembali mendapat kabar yang mengembirakan dan membanggakan yang mana bertambah tiga program studi memperoleh akreditasi “Unggul” yakni S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, dan S2 Manajamen Pendidikan Islam,” bebernya.

Sehingga, sambung Nyayu Khodijah saat ini UIN Raden Fatah Palembang telah memiliki 14 program studi terakreditasi unggul dan 12 Program Studi Terakreditasi A. Dan beberapa hari yang lalu, UIN Raden Fatah Palembang juga dinobatkan sebagai Peringkat tertinggi nilai maturitas BLU tahun 2022 oleh PK BLU Kementerian Keuangan. Pada akhir tahun lalu juga UIN Raden Fatah telah meraih berbagai perhargaan penting: pertama, Peringkat Kampus Berkelajutan UI GreenMetric World University Rankings (UIGMWUR) Tahun
2023.

Kedua, The Most Active University in UI GreenMetric World University Rankings
Network – Indonesia dan penghargaan Trees Rating 3.5. Alhamdulillah UIN Raden Fatah berhasil berada di peringkat 3 UIGM se-PTKIN dan peringkat 34 se Indonesia. Ketiga, Satuan Kerja Terbaik kategori PTKN dalam Penyelesaian Disparitas Data ASN Kementerian Agama. Dari 30 Universitas Islam Negeri (UIN) di Indonesia, UIN Raden Fatah Palembang berhasil memperoleh capaian persentase tertinggi dalam penyelesaian disparitas data ASN Kementerian Agama sebesar 100 persen.

Keempat, UIN Raden Fatah meraih Prestasi capai kenaikan maturity rating assessment (MRA) dalam setahun. Kerjasama internasional juga telah dilakukan dengan beberapa negara diantaranya: (Jordania) Zarqa University, Applied Science University, Hashemite University, Jadara University- Jordan, Urgench State Pedagogical Institute, dan Angren University Uzbekistan, Universitas Malaysia Sarawak dan beberapa universitas lainnya.

Lihat Juga  Wali Kota Palembang Lelang Lukisan Seniman

” Alhamdulillah juga ditahun 2024 ini, UIN Raden Fatah Palembang menjadi pelopor MOU serentak PTKIN se-Indonesia bersama Zarqa University. Ini pertama kalinya 54 PTKIN melakukan MOU secara serentak. Dengan menjalin dan memperluas kerja sama dengan berbagai universitas lintas negara, kita berharap UIN Raden Fatah dapat dikenal di kancah dunia dan tentu juga memperkuat jejaring baik di bidang penelitian maupun dibidang lainnya demi mewujudkan UIN Raden Fatah Go Internasional. Ini merupakan prestasi yang baik bagi UIN Raden Fatah Palembang,” tuturnya.

Namun, lanjutnya, hal ini perlu langkah
lebih baik ke depan demi mewujudkan UIN Raden Fatah yang Unggul dan Berstandar Internasional. Untuk itu saya mengajak kepada kita semua untuk turut berkontribusi dalam mewujudkan UIN Raden Fatah Unggul dan Berstandar Internasional. Khususnya para alumni yang hari ini diwisudadiharapkan dapat mengharumkan nama baik almamater di berbagai jenis profesi, di level nasional maupun internasional di bidang keilmuan masing-masing.

“Semoga para alumni dapat mengemban amanah ilmu yang selama ini sudah ditimba di bangku perkuliahan dan dapat mengaplikasikannya di tengah masyarakat serta senantiasa mengupgrade kecerdasan
intelektual, kreatifitas (soft skill), dan kecerdasan spiritual agar dapat berdaya saing di tengah arus globalisasi. Tingkatkan terus pengalaman dan pengetahuan anda ketika mengabdikan diri di masyarakat kelak. Ketahuilah bahwa masyarakat adalah laboratorium dan perpusatakaan raksasa, yang tidak akan pernah habis untuk dipelajari,” tandasnya.

Pada kegiatan wisuda tersebut juga ada Orasi Ilmiah dengan judul KUNCI-KUNCI UNTUK MENCAPAI KESUKSESAN DUNIA DAN AKHIRAT oleh H. Ahmad Thib Raya Prof. (1999, B.Arab), Dr. (1998, B.Arab), M.A. (1991, Studi Islam/B. Arab), Drs. (1986, B. Inggris), Drs. (1980, B. Arab), B.A. (1977, B. Arab) Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/ Direktur Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal Jakarta. (DNL)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button