Syariah

Pondok Modern Gontor Siap Berdiri di Muba

EkbisNews.com, Sekayu – Nama Pondok Modern Darussalam Gontor sudah sangat terkenal di antero Indonesia. Kini pondok modern yang berpusat di Jawa Timur (Jatim) tersebut akan membuka cabang di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Rencana Pemerintah Kabupaten Muba mendirikan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) tersebut disampaikan Bupati Muba Dodi Reza Alex melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Muba Apriyadi pada rapat persiapan pendirian cabang Pondok Modern Darussalam Gontor di ruang rapat Randik Sekretariat Daerah Muba, Rabu (15/7).

Dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Muba, Sekda Apriyadi menjelaskan, untuk mendirikan cabang Pondok Modern Darussalam Gontor tersebut Pemkab Muba telah mempersiapkan lahan seluas 30 hektar. “Lahannya berada di Kecamatan Keluang,” katanya dalam rapat yang diikuti pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Lihat Juga  Meruntuhkan Keangkuhan Menghapus Dosa, di Malam Lailatur Qodar, Malam Seribu Bulan

Rapat diikuti Kepala Dinas Pendidikan Muba Musni Wijaya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Muba Ahmad Nasuhi, Plt Kepala Dinas PU Perkim Rismawati Gatmir, Kabag Kerjasama Daerah Setda Muba Dicky Meiriando dan Perwakilan Kemenag Muba H Ahmad Yani.

Menurut Apriyadi, Bupati Muba telah mengintruksikan kepada OPD terkait yakni Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Muba, Bagian Kerjasama Daerah Sekretariat Daerah Muba, Bappeda, dan Kemenag Kabupaten Muba untuk berkoordinasi dengan pihak PMDG.

“Karena inisiatif pembangunan dari kita, kita harus bentuk tim untuk mencoba menjajaki pembangunan pengembangan Pondok Modern Darussalam Gontor,” ujarnya.

Sementara itu menurut staf khusus Bupati Muba bidang perubahan iklim dan lingkungan hidup Najib Asmani, PMDG adalah ponpes terbesar di Indonesia sudah tersebar di 19 daerah berbeda di Indonesia dan setiap tahun yang memang banyak peminatnya dengan rata-rata menerima 1.500 siswa pertahun.

Lihat Juga  LHP APBD Muba "Hattrick" dengan Opini WTP

“Kalau kita mau mendirikan Ponpes ini kita harus menghibahkan penuh lahan, manajemen dan yang mengajar pun alumni dari Pondok Modern Darussalam Gontor,” kata Najib.

Menurut Kabag Kesra Setda Muba Opi Pahlopi yang juga Ketua Pondok Pesantren Muba, di Muba saat ini ada sebanyak 62 pondok pesantren. “Pembangunan Pondok Modern Darussalam Gontor akan menambah jumlah pondok pesantren. Ini merupakan implementasi dari visi misi Pemakb Muba yakni membangun umat berbasis agama,” ujarnya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button