Bisnis

Pabrik Semen Kebanggaan Rakyat Sumsel, PT Semen Baturaja Raup Laba Bersih Rp53,96 Miliar

EkbisNews.com, Palembang – Pabrik semen kebanggaan rakyat Sumatera Selatan (Sumsel),  PT Semen Baturaja (Tbk) berhasil membukukan  laba bersih pada kuartal ke-3 senilai Rp53,96 miliar atau lebih besar 25 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Laba bersih yang meningkat didukung oleh penurunan beban bunga sebagai dampak dari refinancing utang bank dan percepatan pembayaran pokok pinjaman kredit sindikasi,” kata Direktur Utama Semen Baturaja Daconi Khotob dalam Public Expose Tahun 2023 yang disiarkan secara daring, di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa, 24 Oktober 2023.

Menurutnya, pertumbuhan yang signifikan tersebut juga didorong atas keberhasilan perusahaan ini menumbuhkan penjualan produk semen dan White Clay.

Perusahaan mencatat per September 2023 penjualan semen mencapai senilai Rp1,42 triliun, dan penjualan White Clay senilai Rp27,62 miliar.

Lihat Juga  Semen China Masuk, Harga Semen Merek Lokal Terpaksa Turun

Ia menyebutkan, hasil penjualan kedua produk unggulan bagi anak perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) ini masing-masing meningkat 10 persen (semen) dan 13 persen (White Clay) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kondisi ini baik di tengah industri semen nasional yang masih mengalami kontraksi, karena ketidakpastian global dan iklim saat ini,” kata dia pula.

Dia memastikan, seluruh aktivitas perusahaan dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, yakni melalui program efisiensi operasi dan penurunan emisi.

Hal tersebut antara lain mengimplementasi Total Productive Maintenance (TPM), mengadakan kompetisi SMBR Innovation Award, serta Penyegaran K3 Tambang.

Lihat Juga  April, Penjualan Semen Anjlok 6,69%, Kok Bisa?

PT Semen Baturaja berhasil menekan Intensitas emisi karbon (cakupan 1) turun menjadi 0,572 ton CO2 equivalen realisasi 2022 (0,588 Ton CO2 equivalen) dan peningkatan thermal substitution rate mencapai 3,57 persen.

Daconi pun menyinggung terkait pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Dalam hal ini perusahaan telah merealisasikan penyaluran Dana Program TJSL mencapai Rp2,68 miliar hingga September 2023. Atau naik 61 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Beberapa program TJSL yang telah direalisasikan,  dalam.lansiran sumsel.antaranews.com disebutkan, diantaranya pelatihan melalui Rumah BUMN Baturaja, Pameran UMKM di Jakarta dan Palembang serta penyaluran bantuan ke masyarakat dan pemerintahan, kata Daconi pula.(*)

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button