Bisnis

PTBA Kucurkan Dana Rp 14,5 Miliar Bantu Penanggulangan Covid-19

EkbisNews.com, Tanjung Enim – BUMN ramai-ramai membantu penanggulangan Covid-19. Upaya memerangi Covid-19 tersebut merupakan penugasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara BUMN.

Salah satu BUMN tersebut adalah PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang terus berpartisipasi aktif dalam memerangi wabah virus yang belum ada obat dan vaksinnya tersebut.

Dalam siaran pers yang diterima ekbisnews.com, hingga Juli 2020, PTBA tercatat telah mengucurkan donasi lebih dari Rp14,5 miliar yang terdiri dari; bantuan alat Kesehatan, bantuan langsung ke masyarakat maupun komunitas, sarana dan prasarana untuk mendukung penerapan protokol kesehatan, dan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut Apollonius Andwie Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk, bantuan ke masyarakat diberikan tidak hanya untuk warga sekitar area pertambangan PTBA yang berada di Kabupaten Muara Enim, Kota Lahat, dan Prabumulih. “Namun juga untuk warga yang berada di provinsi lainnya di Sumatera berdasarkan penugasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara melalui  bina lingkungan insidental,” katanya.

Lihat Juga  PTBA Salurkan Bantuan 250 Paket Sembako di Banyuasin

Selain itu PTBA juga menyerahkan bantuan sebanyak Rp1,3 miliar lewat Yayasan BUMN Hadir untuk Negeri yang diperuntukkan khusus bagi penanganan dan pencegahan wabah Covid-19.

“Sesuai instruksi Kementerian Badan Usaha Milik Negara, alokasi Tunjangan Hari Raya atau THR seluruh direksi dan komisaris PT Bukit Asam Tbk beserta anak usaha juga dialihkan untuk pemberian bantuan menanggulangi covid-19,” ujar Apollonius Andwie

PTBA sampai kini terus secara aktif tanpa kendur memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Mulai dari membiasakan cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, etika saat batuk, dan lainnya.

Upaya sosialisasi yang disertai dengan pembagian masker yang hingga Juli 2020 telah didistribusikan sebanyak 293.696 masker yang sesuai standar Kementerian Kesehatan. Masker dibuat oleh para pelaku usaha lokal, sebagai upaya pemberdayaan ekonomi lingkungan sekitar perusahaan.

Lihat Juga  PTBA Bedah 25 Rumah Warga di Ring 1

BUMN tambang tersebut juga membagi 1258 hand sanitizer untuk masyarakat Tanjung Enim. Seluruh kegiatan ini dilakukan bersama-sama oleh PTBA dengan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) dan Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muara Enim.

PTBA juga mengucurkan bantuan sembako sebanyak 107.720 paket dan 26 ton beras untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang terdampak covid-Penyemprotan disinfektan juga rutin dilakukan di wilayah ring 1 perusahaan. Selain itu, kegiatan operasional tambang sampai saat ini masih berjalan dengan disiplin mengikuti protokol Kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Editor : Maspril Aries

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button