LifeStyle

Ada Perpustakaan Keluarga di Kampung Pekijing, Taktakan, Serang

EkbisNews.com, Serang – Ada banyak kampung dan desa di Indonesia sudah memiliki perpustakaan. Namun di Kampung Pekijing, Kecamatan Taktakan yang berjarak sekitar tujuh kilo meter dari Kota Serang ada yang berbeda, di kampung ini ada perpustakaan keluarga.

Duta Baca Indonesia yang baru dikukuhkan pada 30 April 2021, Gol A Gong hadir pada peluncuran Perpustakaan Keluarga Pekijing bersama Wakil Walikota Serang Subadri Ushuluddin dan Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kota Serang Wahyu Nurjamil. Pada kesempatan itu Gol A Gong menyumbangkan 10 eksemplar buku pada perpustakaan yang digagas Budi tersebut.

Lihat Juga  Ayo Menulis Buku “Covid19 & Disrupsi” Saat WFH
Gol A Gong sumbang buku

Perpustakaan keluarga tersebut digagas Budi bersama warga Pekijing lainnya. Mereka menyulap desa mereka jadi asri dan bersih. Model perpustakaan keluarga di Pekijing berbeda dengan perpustakaan keluarga pada umum. Di sini pada setiap dinding teras rumah ditempel kotak seperti kotak surat yang memuat 5 buku.

“Ada 50 buah kotak. Kotak tersebut diisi buku, warga bisa saling tukar buku jika sudah selesai dibaca,” kata Budi.

Menurut penulis novel “Balada si Roy,” Kampung Pekijing memang indah. Di mulut kampung ada gapura. Rumah mereka juga dipagar dan semuanya diwarnai. Di tengah kampung ada lahan kosong seluas sekitar 500 meter persegi Di lapangan kecil itulah kegiatan masyarakat berdetak, ada pondok perpustakaan.

Lihat Juga  Bahaya Tidur dengan Makeup

Sementara itu menurut pustakawan Aip Rohadi, “Saya dan teman-teman akan melakukan pendampingan. Live in, kami tidur di rumah warga,” katanya.

 

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button