LifeStyle

Bahaya Tidur dengan Makeup

EkbisNews.com  —  Banyak alasan untuk ‘lupa’ membersihkan makeup sebelum beranjak tidur. Kelelahan usai beraktivitas, mengantuk, bisa menjadi beberapa penyebab.

Padahal, saat memutuskan untuk tidur dengan makeup usai berkegiatan sepanjang hari, tak hanya makeup yang menempel di wajah. Keringat, minyak, debu, partikel polusi, juga ikut ‘menyelimuti’ kulit yang tak ‘berdosa’.

Sesekali lupa, mungkin tak timbulkan masalah. Namun bila ini menjadi kebiasaan berulang, area wajah bisa iritasi. Risiko ini menjadi lebih tinggi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Berikut risiko yang dapat timbul bila memutuskan untuk tidur bersama makeup.

1. Menutup pori

“Saat makeup menempel semalaman, makeup akan masuk ke lapisan dalam dermis,” kata ahli dermatologi Anne Water melansir dari Harpers Bazaarp (27/8).

Makeup akan menutup pori sehingga rawan timbul jerawat dan komedo. Agar tidak terjadi, Wetter menyarankan untuk membersihkan dengan metode double cleansing keesokan harinya.

Metode double cleansing atau pembersihan ganda dimulai dengan pembersih berbahan dasar minyak untuk mengangkat makeup dan sebum, lalu diikuti dengan pembersih biasa untuk membersihkan sisa makeup.

Lihat Juga  Kalau Kalian Saling Pengertian, Rumah Tangga Suami - Istri Dama

2. Infeksi pada mata

Jika Anda tidak berencana mengenakan kacamata hitam setiap waktu seperti Anna Wintour, maka jangan sampai lupa membersihkan maskara dan eyeliner sebelum tidur.

“Jika terus-terusan membiarkan maskara dan eyeliner (menempel) saat malam, folikel rambut kecil dan kelenjar sebaceous pada kelopak mata dapat tersumbat sehingga menyebabkan infeksi dan peradangan,” jelas Wetter.

Maskara yang dibiarkan mengering pada bulu mata juga berisiko membuat bulu mata rapuh dan mudah rontok.

3. Komedo hitam

Kulit secara alami menghasilkan sebum atau minyak sebagai pelembap alami sekaligus pembersih dari iritan, termasuk sel kulit mati.

Saat makeup tidak dibersihkan, maka pelepasan sebum akan terhambat sehingga sel kulit mati menumpuk dan membuat pori semakin besar. Efeknya, selain pori-pori kian terlihat besar, komedo dan jerawat menjadi lebih sering muncul.

4. Mempercepat penuaan

Lihat Juga  Tradisi "Ngobeng" Pupuk Nilai Persaudaraan

Wanita kini banyak menggunakan produk perawatan kulit dengan fungsi memperlambat kemunculan tanda penuaan berupa garis halus. Namun, jika kebiasaan malas membersihkan makeup berlanjut, maka produk perawatan kulit tidak akan berguna.

Selama seharian, kulit terpapar radikal bebas sehingga terjadi kerusakan kolagen. “Ini berlanjut saat makeupdibiarkan menempel, maka elastisitas berkurang, timbul kerutan, dan bisa terjadi penuaan dini,” imbuh Wetter.

5. Bibir kering

Hal serupa berlaku pada bibir. Membersihkan lipstik baiknya tidak terlewat. Lipstik mengandung komponen yang bisa membuat bibir kering.

Kandungan lilin pada lipstik bisa menyebabkan pori sekitar bibir tertutup sehingga timbul komedo di kulit luar bibir. Sebaiknya bersihkan lipstik dengan pembersih berbahan dasar minyak dan lanjutkan dengan sikat bulu halus.

Bila kesibukan benar-benar membuat Anda lelah untuk membersihkan makeup, Anda bisa memanfaatkan tisu basah khusus wajah sebagai pertolongan pertama. Setidaknya, Anda tidak benar-benar tidur bersama makeup semalaman.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button