JAJAN

PTBA Bangun PLTS Irigasi di Muara Enim, Pesawaran dan Sawahlunto

EkbisNews.com, Tanjung Enim – Sukses membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara Soekarno-Hatta, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) kini mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) PLTS di Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung dan Sumatera Barat (Sumbar).

FOTO : IG@bukitasamptba

Dalam siaran pers PTBA yang diterima ekbisnews.com, BUMN yang memiliki visi menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan kini membangun dan mengembangkan PLTS  di Kabupaten Muara Enim (Sumsel) Kabupaten Pesawaran (Lampung) dan Kota Sawahlunto (Sumbar).

“PTBA mengembangkan PLTS irigasi di Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran, Lampung. Hari ini, 6 Oktober 2020 PLTS tersebut resmi beroperasi. Peresmiannya dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Direktur Operasional PTBA Hadis Surya Palapa dan Direktur Niaga Adib Ubaidillah,” kata Sekretaris Perusahaan PTBA  Apollonius Andwie.

Pompa diresmikan menggunakan pompa jenis submersible. Pompa tersebut memiliki kapasitas 50 lps (liter per second) atau  50 liter/detik dengan head 10 meter. Bantuan tersebut terdiri dari 1 unit Pompa submersible, 1 unit inverter, 1 unit bak intake ukuran 3×3 meter dengan kedalaman 6 meter.

FOTO : IG@bukitasamptba

Pompa irigasi ini akan dialiri listrik dari PLTS berkapasitas 38.500 watt yang dioperasikan melalui rumah panel kontrol seluas 4×4 meter, 140 keping panel surya, dan pipanisasi sepanjang 50 meter. Listrik yang dihasilkan sebesar adalah 35.000 watt digunakan untuk kebutuhan pompa irigasi hanya 25.000 watt. Lahan sawah yang dialiri seluas 167 hektar dengan jarak dari danau ke lahan lebih kurang 1 kilometer.

Lihat Juga  Direktur Utama PTBA Tbk Diganti

“Proyek ini adalah program corporate social responsibility  PTBA berkolaborasi dengan Pemprov Lampung. Saat ini petani masih mengandalkan pompa diesel untuk tanaman cabe pada musim kemarau. Sementara pada musim penghujan petani akan memanfaatkan lahan untuk ditanami padi,” ujar Apollonius Andwie.

Dua PLTS lainnya adalah PLTS irigasi Talawi, Sawahlunto yang sudah beroperasi sejak 2019. Bantuan pompa dan PLTS ini memiliki kapasitas 50 lps (liter per second) atau 50 liter/detik dengan head 50 meter. Bantuan tersebut terdiri 1 unit pompa submersible, 1 unit inverter, 1 unit bak intake ukuran 3×3 meter dengan kedalaman 6 meter.

Listrik untuk pompa irigasi dengan daya 11 kW ini dialirkan oleh PLTS Talawi berkapasitas 16,5 kW yang dioperasikan melalui rumah panel kontrol 1 unit, 142 keping panel surya, dan pipanisasi sepanjang 1,2 km. Luas lahan yang telah dialiri adalah 62 hektar dengan hasil panen mencapai 1.000 ton per tahun dari 3 kali panen. Sebelumnya hanya 248 ton per tahun.

Jumlah penerima manfaat di Talawi sebanyak 460 orang yang terdiri dari 115 petani dan 345 anggota keluarga dari masing-masing petani.

Lihat Juga  Ada Bukit Asam pada Bujang Gadis Serasan

Sementara itu PLTS irigasi Tanjung Raja direncanakan beroperasi 2020, juga akan menggunakan pompa jenis submersible yang memiliki kemampuan dapat menyedot air yang mengandung lumpur. Kapasitas pompa tersbut adalah 50 lps (liter per second) atau 50 liter/detik dengan head mencapai 30 meter.

Bantuan tersebut terdiri 1 unit pompa submersible, 1 unit inverter, 1 unit bak intake berukuran 1,5×3 meter dengan kedalaman 4 meter. Pompa irigasi berdaya 11 kW ini akan disokong listriknya oleh PLTS berkapasitas 18,7 kW yang menggunakan 140 keping panel surya.

Lahan yang akan dialiri seluas 63 hektar dengan perkiraan hasil panen 3 kali setahun mencapai 567 ton dan jumlah penerima manfaat adalah 90 petani. Sebelum ada bantuan PLTS irigasi, panen di tempat ini hanya dapat dilakukan satu kali per tahun dengan hasil sekitar 189 ton.

Pengembangan PLTS oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sejalan dengan visi  perusahaan dengan melakukan diversifikasi bisnis dan hilirisasi industri batu bara. Salah satu diversifikasi bisnis yang menjadi pilihan PTBA adalah pengembangan sektor energi baru dan terbarukan, yang juga merupakan fokus pemerintah dalam menyediakan energi lebih ramah lingkungan untuk rakyat Indonesia. “PTBA ingin mengambil bagian dalam roadmap pengembangan PLTS,” kata Sekretaris Perusahaan Apollonius Andwie.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button