Energi

Lifting Minyak Agustus Melebihi Target APBN 2020

EkbisNews.com, Jakarta – Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, kinerja hulu migas menunjukkan perkembangan menggembirakan. Berdasarkan laporan kinerja Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) masih menunjukkan kinerja yang baik.

Dalam siaran pers SKK Migas yang diterima ekbisnews.com, data lifting minyak nasional per 31 Agustus 2020 tercatat sebesar 706,9 ribu barel minyak per hari (bopd) atau 100,3 persen melebihi target APBN-P yaitu 705 ribu bopd.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto melalui Pelaksana tugas (Plt) Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Susana Kurniasih menjelaskan, pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak yang terlibat. “Meskipun kondisi pandemi tidak juga membaik, namun kami bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama atau KKKS berhasil menjalankan program kerja sesuai dengan target yang ditetapkan. Kami bersyukur lifting migas secara year to date di Agustus melampaui target,” katanya , Senin (7/9).

Lihat Juga  Sebuah Kejahatan Bernama “Illegal Drilling”

Menurut Susana, dengan sisa empat bulan sampai akhir 2020, SKK Migas akan fokus pada upaya mitigasi resiko sehingga kendala-kendala produksi dapat diatasi. “Kami akan evaluasi sekiranya ada pekerjaan operasi produksi yang bisa dipercepat. Tentunya juga melakukan mitigasi resiko agar angka lifting dapat dipertahankan hingga akhir tahun,” ujarnya.

Sedangkan untuk salur gas, SKK Migas mencatat sebesar 5.516 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd) atau 99,3 persen dari target APBN-P yakni 5.556 mmscfd. “Serapan gas oleh para konsumen pada Agustus lalu sudah membaik dibanding bulan-bulan sebelumnya. Untuk itu kami optimis, dengan semakin baiknya perekonomian bulan-bulan mendatang maka serapan juga akan naik,” kata Susana.

Lihat Juga  KKKS Odira Energi Patuhi Aturan Kelola Lingkungan

Selain fokus pada program kerja yang sudah ditetapkan, SKK Migas juga melakukan beberapa langkah optimasi agar lifiting migas nasional dapat mencapai target.

“SKK Migas saat ini tengah merealisasikan enam langkah extraordinary efforts untuk memastikan lifting migas nasional mencapai target sehingga dapat memberikan penerimaan negara yang optimal pada masa sulit seperti sekarang ini,” ujar Plt Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button