NASIONAL

Sinar Mas Kirim 85,8 Ton Oksigen ke Jawa Barat

 

EkbisNews.com, Palembang – Sinar Mas Grup melalui pilar usaha Asia Pulp & Paper (APP) kembali mengirim oksigen cair, kali ini dikirim dari Palembang ke Jawa Barat.

Pengiriman oksigen ke Jawa Barat ini menggunakan 4 ISO tank dengan nett gross volume sekitar total 85,8 ton oksigen cair. Pengiriman oksigen tersebut dilepas Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru yang didampingi Head Public Affair PT OKI Pulp & Paper Gadang Hartawan, Sabtu Malam (24/7) di terminal peti kemas Pelabuhan Boom Baru Palembang.

Menurut Managing Director Sinar Mas Saleh Husin, “Kami sudah mulai mendistribusikan bantuan oksigen ini sejak pertengahan Juli lalu, untuk berbagai daerah di Indonesia. Dengan mengoptimalkan produksi oksigen cair, Kami bisa membantu mengatasi kekurangan oksigen di wilayah Sumatera Selatan, Riau, Jambi dan Pulau Jawa.”

Pengiriman bantuan oksigen ke beberapa daerah tersebut merupakan wujud partisipasi Sinar Mas dalam membantu pengadaan liquid oxygen dan gas oxygen demi memenuhi kebutuhan oksigen para pasien Covid-19 di sejumlah daerah.

Lihat Juga  Gerakan Perempuan Muba Peduli Datangi Lapas Sekayu

“Kami berusaha memenuhi permintaan yang datang. Ini murni program CSR kami karena masih tingginya permintaan oksigen dan langkanya ketersediaan di masyarakat. Kami berharap, langkah ini bisa membantu pemerintah untuk segera menurunkan angka positif Covid-19 di Indonesia,” ujar Saleh Husin mantan Menteri Perindustrian 2014-2016.

Pengiriman oksigen cair tersebut diterima Kepala Biro Perekonomian Pemerintah – Provinsi Jawa Barat Benny Bahtiar mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Kami berterima kasih atas bantuan ini. Pada saat tidak mudah untuk mendapatkan oksigen, Sinar Mas memberikan dukungan yang memang sangat diperlukan oleh rumah sakit di Jawa barat. Bantuan ini akan mendukung penyembuhan pasien Covid-19 tentu saja,” kata Benny.

Sementara itu menurut Gadang Hartawan, pada masa pandemi sekarang ini, PT OKI Pulp & Papel Mills mengoptimalkan produksi oksigen hariannya dan bahkan memproduksi ekstra untuk turut dapat berpartisipasi dalam pengadaan oksigen untuk pasien Covid.

Pelaksana tigas Dirjen Industri Agro Kementrian Perindustrian Putu Juli Ardika memyambut baik inisiatif Sinar Mas memberi bantuan oksigen. “Kami mengapresiasi industri pulp & paper yang memiliki fasilitas pabrik untuk memproduksi oksigen, secara terus-menerus memaksimalkan kapasitas produksi guna memenuhi kebutuhan medis dan bahkan menambah kapasitas produksinya.”

Lihat Juga  Pemkab Musirawas Hibahkan Aset Bandara Silampari ke Kemenhub RI

Inisiatif Sinar Mas untuk berkontribusi dalam penyediaan oksigen untuk penanganan Covid-19 juga mendapat apresiasi Kementrian Lingkungan Hidup (LHK).

“Penanganan COVID-19 membutuhkan peran serta dari berbagai pihak. Sumbangan oksigen dari Sinar Mas ini merupakan salah satu wujud nyata kontribusi dari para pelaku usaha di bidang kehutanan, untuk meringankan beban pemerintah pusat,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian LHK, Bambang Hendroyono yang di tempat terpisah.

PT.OKI Pulp & Paper Mills adalah salah satu unit usaha Sinar Mas, sebagai bagian dari industri pengolahan hasil hutan yang beroperasi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan.

Sebagai perusahaan yang juga menyandang status sebagai Objek Vital Nasional, selain sebagai penggerak perekonomian, juga memiliki fungsi yang sangat strategis untuk mendukung pemerintah mengatasi Covid-19.

Editor : Maspril Aries

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button