Bisnis

PTSP Fasilitasi Penjualan Pempek di Mini Market

EkbisNews.com,Palembang — Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Palembang memfasilitasi penjualan pempek melalui pasar modern Indomaret.

Kerjasama antara Indomaret dan Asosiasi Pengusaha Pempek Palembang ini dituangkan dalam bentuk penandatangan MoU antara Manajer Indomaret Palembang Tondosaputro dan Ketua Asosiasi Pengusaha Pempek Palembang Yenni Angraini Molek dan fasilitator Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP Palembang Ahmad Mustaim, disaksikan Walikota Palembang, Harnojoyo. Penandatangan ini berlangsung di rumah dinas Walikota Palembang, Selasa (16/3).

Tahap awal sudah ada empat merek dagang pempek yang telah memenuhi syarat dari Indomaret. Pempek ini dipasarkan dalam bentuk pempek prozen (beku) dengan masa kadaluarsa enam bulan. Selain ada pempek yang siap santap (ready to eat)

Lihat Juga  Pupuk Indonesia Rombak Direksi Enam Anak Perusahaan

Perjualan pempek di pasar modern ini menurut Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP Ahmad Mustaim, dilatarbelakangi banyak produk lain yang sudah lebih dulu dijual di Indomaret. “Jadi kenapa kita tidak mencobanya agar pempek lebih mendunia,” katanya.

Hasil kerjasama ini diharapkan akan dapat memperluasan jaringan penjualan pempek di Indonesia sebab gerai pasar modern ini tersebar luas di seluruh nusantara. “Jadi kalau ada yang tinggal di Papua pempek Palembang dapat ditemukan di sana, ” kata Mustaim

Sementara Ketua Asosiasi Pengusaha Pempek Palembang, Yeni Angraini mengatakan kerjasama ini sudah dirintis sejak Juli 2019 lalu. Dari 130 anggota asosiasi baru 20 yang memenuhi standar Indomaret. “Sisanya melalaui edukasi kita harapkan dapat memperluas penjualan pempek ini, ” kata Yeni sembari menambahkan kesulitas freezer menjadi kenadali memenuhi standar yang ada

Lihat Juga  Gara-gara Corona, Penjualan Industri Makanan dan Minuman Anjlok

Dia berharap Bank Sumsel Babel dapat membantu penyediaan freezer ini melalui program CSR.

Manager Indomaret Palembang Todosaputro mengatakan saat ini ada 300 gerai Indomaret di Sumatera Selatan. Dari jumlah tersebut ada 20 gerai di Palembang yang sudah tersedia pempek.

Walikota Palembang Harnojoyo menyambut baik kerjasama ini. Dia berharap tidak hanya pempek yang bisa masuk ke pasar modern. “Ada 187 item makan khas Palembang. Semoga le depannya bisa semua ditemui di gerai pasar modern,” katanya. (ida syahrul)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button