Bisnis

Pemerintah Dorong Optimasi Ekonomi Digital

EkbisNews.com, Jakarta – Pemerintah mendorong pengembangan ekosistem ekonomi digital secara menyeluruh untuk terwujudnya potensi nilai ekonomi di Indonesia yang lebih baik.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate dalam Forum Ekonomi Digital I yang berlangsung Selasa (15/6).

Dalam siaran pers di laman web Kementerian Kominfo, Menteri Kominfo menyatakan pemerintah memfasilitasi akselerasi pertumbuhan dan menyempurnakan kebijakan di bidang ekonomi digital.

“Ekonomi digital hadir sebagai ruang ekonomi yang menjadi titik temu bagi para pelaku ekonomi, penggerak teknologi, pemerintah, serta masyarakat umum untuk meningkatkan taraf hidup melalui upaya peningkatan efisiensi dan produktivitas, menciptakan inovasi dan mendorong inklusifitas,” kata Johnny G. Plate.

Menurut Menteri Johnny upaya ini dilakukan untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital Indonesia. Berdasarkan studi di tahun 2020, ekonomi digital Indonesia setidaknya sekitar 44 miliar Dolar AS, di tahun 2025 Indonesia berharap diproyeksikan sebesar lebih dari 124 miliar dolar AS atau setara dengan sekitar 40 % nilai digital ekonomi di Asia Tenggara.

Lihat Juga  Sekarang Beli Semen Baturaja Bisa via Online dari “Mobile Phone”

“Kita sama-sama mengetahui, Indonesia berpotensi untuk tumbuh pesat menjadi negara dengan ekonomi internet terbesar di kawasan,” ujarnya.

Menkominfo juga menjelaskan, saat ini showcase industri utama ekonomi digital Indonesia kerap diisi oleh industri seperti e-Commerce, Financial Technology, Online Media, serta Ride-hailing. “Kondisi itu menjadi bukti pertumbuhan digital economy yang semakin melebar, meluas, dan membesar,” imbuhnya.

Menurut Johnny, ekonomi digital mengakselerasi pertumbuhan berbagai industri lainnya seperti education technology, health technology dan digital entertainment.

Menteri Kominfo Johnny juga mengingatkan kunci untuk memajukan ekosistem ekonomi digital khususnya di Indonesia bagi seluruh pemangku kepentingan, adalah penerapan karakter kerja dan semangat utama, yaitu ketajaman acuity, agility, dan keberanian.

Lihat Juga  PTBA Punya Zona Ekonomi Khusus di Muara Enim

“Ketiga karakter tersebut diharapkan dapat terus menciptakan ekosistem ekonomi digital dengan ketangkasan yang luar biasa ambidexterity di Indonesia,” ungkapnya.

Menkominfo mengajak seluruh pemangku kepentingan menerapkan perilaku dan semangat yang sama. “Dengan begitu akan tercipta opsi-opsi serta langkah-langkah nyata strategis namun praktikal yang bersifat antisipatif tanpa menunggu situasi genting maupun kritikal muncul ke permukaan.”

Pada Forum Ekonomi Digital I tersebut Menteri Johnny didampingi Dirjen Aptika Semuel A. Pangerapan, Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba, Direktur Tata Kelola Ditjen Aptika Mariam F. Barata, Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika I Nyoman Adhiarna, dan Direktur Telekomunikasi Ditjen PPI Aju Widyasari.

Juga hadir Ketua Umum idEA Bima Laga, serta perwakilan dari platform e-Commerce dan Ride-hailing, diantaranya Bhineka, Blibli.com, Bukalapak, Gramedia, JD.id, Kaskus, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close