JAJAN

Medco Power Bersiap Ekspor Setrum PLTS ke Singapura

Direksi MedcoEnergi dan Direksi Pacific Light Power Pte Ltd (PLP), Gallant Venture Ltd Bersama Menteri ESDM Arifin Tasrif. 

 

EkbisNews.com, Singapura – Perusahaan Medco Power Indonesia (MPI) akan menjadi perusahaan pertama yang menjual setrum atau energi listrik yang bersumber pada energi baru terbarukan (EBT) dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ke Singapura.

Untuk merealisasikan ekspor energi listrik tersebut Medco Power dengan menggandeng konsorsium Pacific Light Power Pte Ltd (PLP) dan Gallant Venture Ltd yang merupakan bagian dari Salim Group akan mengembangkan pilot project impor listrik dari PLTS yang akan dibangun di Pulau Bulan, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Eka Satria CEO Medco Power Indonesia (MPI)

 

Dalam siaran pers Medco E&P Indonesia menyebutkan, Medco Power dan konsorsium dari Singapura tersebut telah menandatangani Joint Development Agreement saat acara Singapore International Energy Week pada 25 Oktober 2021 di Singapura dengan dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Menteri Tenaga Kerja/Menteri Kedua Perdagangan dan Perindustrian Singapura, Duta Besar Indonesia untuk Singapura, dan Chief Executive EMA.

Lihat Juga  Sentralisasi UU Cipta Kerja Kendala Penanganan “Illegal Drilling”

Pembangunan PLTS di Pulau Bulan yang berada di Kecamatan Bulang yang berjarak sekitar 18,1 km dari Pulau Batam tersebut dilaksanakan setelah menerima izin prinsip impor listrik dari Energy Market Authority (EMA) Singapura.

PLTS ini memiliki kapasitas 670 MWp sebagai tahap awal yang akan menyediakan listrik yang setara dengan 100 MW nonintermittent ke Singapura. Pilot project ini sejalan dengan rencana Pemerintah Singapura dalam melaksanakan program Singapore Green Plan 2030 untuk meningkatkan porsi energi terbarukan.

Eka Satria CEO Medco Power mengatakan, “Sebagai salah satu produsen listrik independen atau IPP terbesar di Indonesia dengan komitmen pada energi bersih dan terbarukan Medco Power memiliki pengalaman dalam mengembangkan proyek pembangkit EBT, seperti PLTP Sarulla, PLTP Ijen, dan PLTS Sumbawa untuk mendukung operasi tambang kami.”

Lihat Juga  PTBA Bantu 10 Masjid di Kabupaten Banyuasin

Anak perusahaan dari MedcoEnergi tersebut menyambut baik kerja sama dengan Pacific Light Power Pte Ltd dan Salim Group dalam mengembangkan Proyek PLTS Pulau Bulan. “Untuk Indonesia, proyek ini akan membawa banyak manfaat, antara lain meningkatkan investasi di bidang EBT, kesempatan peningkatan lapangan kerja dan industri terkait,” ujar Eka Satria.

Sementara itu Roberto Lorato CEO MedcoEnergi mengatakan, “Proyek ini merupakan bagian dari komitmen MedcoEnergi terkait perubahan iklim dan rencana pengembangan portofolio energi terbarukan.”

Medco Power Indonesia kini terus aktif mengembangankan portofolio energi bersiha dan terbarukan dengan target 5.000 MW.  Dainataranya dengan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) atau geothermal Sarulla berkapasitas 330 MW, PLTP Ijen sebesar 2 x 55 MW dan PLTS Sumbawa 26 MW.

Editor : Maspril Aries

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button