LifeStyle

Benny Institute Raih Penghargaan Kemdikbudristek

EkbisNews.com, Lubuklinggau – Geliat literasi di Sumatera Selatan (Sumsel) itu ternyata pusatnya di Lubuklinggau. Buktinya kiprah literasi di kota ini meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Kiprah literasi di kota Lubuklinggau dimotori Komunitas literasi Benny Institute yang dipimpin novelis dan penulis Benny Arnas. “Pada Festival Literasi 2021 Taman Bacaan Masyarakat atau TBM Benny Institute berhasil mengharumkan nama Lubuklinggau lewat literasi,” kata Benny Arnas, Ahad (5/9).

Menurut Benny dalam rangkaian Festival Literasi Indonesia yang dilaksanakan secara daring pada 3 September 2021 bersama taman bacaan dari kota lain, Benny Institute berada pada puncak peringkat daftar pemenang Penerima Apresiasi TBM Kreatif-Rekreatif

Penulis yang sudah menerbitkan 27 judul novel tersebut menjelaskan, Benny Institute adalah komunitas yang konsentrasinya pada bidang kebudayaan, literasi, dunia kreatif. “Kami berdiri pada 2009, sampai kini Benny Institute telah menyelenggarakan banyak kegiatan positif, khususnya untuk generasi muda di Lubuklinggau dan sekitarnya,” kata novelis kelahiran 8 Mei 1983.

Lihat Juga  Ada Rainbow Garden di Lalan Muba

Dua belas tahun kiprah Benny Institute dinilai tangguh menghadapi gejolak pandemi Covid-19. “Selama Pandemi yang melanda Indonesia  2020-2021, Benny Institute tetap menggarap kegiatan kebudayaan, menerbitkan buku, menyelenggarakan kelas kreatif, seperti kelas aksara ulu, menulis, dan seni peran secara hibrid atau tatap muka dan daring,” ujar Benny.

Benny Institute juga berkiprah sampai ke negeri jiran Malaysia. Maret 2020, Benny Institute melakukan International Premiere film dokumenter kebudayaan di Putrajaya, Malaysia bersama keempat tim produksinya.

Kemudian awal 2021 Benny Institute juga dipercaya Seaqil Qitep in Language untuk mengampu kelas menulis dan bercerita mahasiswa-mahasiswi pilihan di Asia Tenggara.

Berdasarkan data di laman resmi https://donasibuku.kemdikbud.go.id/, Benny Institute adalah taman bacaan masyarakat pertama di Sumatra Selatan yang meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional yang telah memasuki tahun keenamnya ini.

Lihat Juga  Thia Yufada Kukuhkan Bunda Baca 15 Kecamatan dan Desa

Saat ini Benny Institute sedang membuka kelas menulis cerpen yang diampu langsung oleh pendiri dan penulis Benny Arnas. Lebih banyak tentang komunitas literasi ini di Instagram @bennyinstitute, kanal Youtube Benny Institute, atau laman bennyinstitute.com.

Penerima Apresiasi TBM Kreatif-Rekreatif :

TBM Benny Institute dan Daya Cipta, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan
Yayasan Cinta Baca, Kota Bogor, Jawa Barat
TBM Jembatan Edukasi Siluk (JES), Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
TBM Rumah Baca Anak Nagari (RBAN), Kabupaten Agam, Sumatera Barat
TBM Untukmu Si Kecil, Kabupaten Jember, Jawa Timur
Banua Pontulisi, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah
TBM Omah Buku, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
TBM Iqro Lempake, Kota Samarinda, Kalimantan Timur

Editor : Maspril Aries

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button