LifeStyle

Mau Jago Nulis Cerpen? Ayo Ikut Kelas Menulis Benny Arnas

EkbisNews.com, Lubuklinggau – Sukses dengan kelas privat menulis novel, novelis dan penulis Benny Arnas kini membuka kelas menulis cerpen. Bagi yang berminat mau belajar menulis cerpen atau cerita pendek sayo segera mendaftar ke Benny Institute.

Menurut Benny Arnas kelas cerpen kali ini adalah kelas menulis praktis berbasis formula yang sudah diterapkannya pada ratusan cerpennya yang dimuat berbagai media massa nasional dan memenangkan sejumlah penghargaan.

Dalam ranah cerpen Indonesia, penulis yang sudah menulis 27 judul novel adalah penulis produktif. Selama satu dekade terakhir nama Benny Arnas mengisi rubrik cerpen koran-koran nasional.

“Berdasarkan data ruangsastradotcom yaitu laman yang mendokumentasikan cerpen-cerpen media massa di Indonesia, nama Benny Arnas masih menduduki peringkat pertama alias cerpenis paling produktif,” kata penulis novelnya berjudul “Kayu Lapuk Membuat Kapal” yang berhasil menjadi pemenang  pada Lomba Menulis Novel tentang Kanjeng Nabi Muhammad SAW 2021 yang diselenggarakan sebuah penerbitan buku.

Lihat Juga  PTBA Bangun Plaza Saringan di Tanjung Enim

 

Dalam menulis cerpen Benny Arnas tengah mengembangkan teknik menulis berbasis formula yang telah ia ujikan dengan hasil mengagumkan, di antaranya menaklukkan media cetak nasional Kompas, Republika, Media Indonesia, dan Jawa Pos pada akhir pekan yang sama dengan cerpen-cerpen yang berbeda. “Di kelas menulis cerpen kali ini saya akan mengajarkan formula tersebut,” ujarnya.

Kelas cerpen yang akan berlangsung secara online tersebut pesertanya terbatas hanya untuk 25 orang. Menurut Benny, kelas ini mulanya dibuka untuk kalangan terbatas dengan biaya Rp1.000.000 tapi kini dibuka untuk publik dengan hanya Rp400.000. Khusus alumni Bennyinstitute Novel Class hanya membayar Rp250.000.

Yang mau mendaftar dapat mengklik tautan https://bit.ly/KCaBA2021 dan silakan transfer biayanya ke nomor rekening: 0570438689 (BCA) atas nama Benny Arnas.

Bagi peserta kelas cerpen akan mendapat materi dalam bentuk esai maupun salindia usai pertemuan. Catatan supervisi karya dari Benny Arnas dan penerbitan kumpulan cerpen bersama dengan Benny Arnas.

Lihat Juga  Menang Lomba, Novel ke-27 Benny Arnas Siap Terbit

Setiap peserta harus mempersiapkan waktu baik untuk mengikuti kelas, maupun mengerjakan tugas. Memiliki koneksi internet yang baik dan aplikasi Zoom yang sudah terinstal di laptop atau gadget.

Jadwal pelatihan untuk pertemuan 1 (Sabtu, 2 Oktober 2021)  dengan materi dan penugasan. Pertemuan 2 (Minggu, 3 Oktober 2021) materi dan penugasan karya. Pertemuan 3 (Sabtu, 9 Oktober 2021)   pembahasan karya masing-masing peserta (dengan catatan per karya secara tertulis). Kelas akan berlangsung pukul 14.00-16.00 WIB.

“Nantinya semua cerpen karya peserta akan dibukukan, asalkan dikumpulkan sesuai tenggat atau waktu yang ditetapkan. Waktunya kapan, akan disampaikan mentor di kelas pertemuan. Untuk penerbitan buku ini peserta tidak dipungut biaya tambahan,” ujar Benny Arnas.

Editor : Maspril Aries

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button