LifeStyle

Gol A Gong dan Adaro Gelorakan Gerakan Indonesia Menulis

EkbisNews.com, Serang – Duta Baca Indonesia Gol A Gong akan keliling ke beberapa daerah di Indonesia. Duta Baca Indonesia tersebut bersama Adaro Energy dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menyelenggarakan Safari Literasi Duta Baca Indonesia ke beberapa daerah di Pulau Jawa.

“Kegiatan Safari Literasi akan diisi dengan peluncuran buku terbaru Gol A Gong, yaitu “Gong Smash” terbitan Epigraf, Agustus 2021. Pelatihan menulis ‘Dari Fakta ke Tulisan Inspiratif’ bersama Gol A Gong dan ‘Dari Tulisan ke Buku’ bersama Daniel Mahendra dari Penerbit Epigraf,” kata penulis dan novelis pendiri komunitas kesenian Rumah Dunia, Kamis (9/9).

Dari hasil pelatihan menulis, peserta yang tulisannya lolos kurasi akan diterbitkan dalam bentuk buku antologi kisah inspiratif oleh Penerbit Epigraf.

Kegiatan Safari Literasi ini terbuka untuk umum; individu, sekolah, universitas, lembaga swadaya masyarakat, pegiat literasi, perusahaan, dinas pemerintahan dan lainnya.

Sementara itu menurut Zuraida Hamdi CSR Departement Head  PT Adaro Energy, Adaro sejak 2012 sudah bekerja sama mengadakan pelatihan menulis dengan Gol A Gong di Tabalong, Kalsel.

Kali ini Safari Literasi akan berlangsung pada beberapa daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah selama September 2021 yang juga didukung Forum TBM,  GPMB, FLP, dan Rumah Dunia. Safari Literasi akan dimulai di Rumah Baca Ambu Seba, Soreang, Sabtu 11 September 2021.

Lihat Juga  Jejak-Jejak Perpustakaan Keraton Palembang

“Kami siap. Kami selalu mendukung kegiatan Gol A Gong, yaitu kampanye membaca dan menulis. Apalagi sekarang Gol A Gong sebagai Duta Baca Indonesia. Kami di Ambu Seba akan selalu jadi bagian dari Gerakan Indonesia Menulis yang digagas Gol A Gong,” kata Irma Novita, pendiri Ambu Seba

Setelah itu  berlanjut ke  TBM Sehati, Gunung Puntang (13/9), Kabupaten Bandung,  Perpusnas RI (14/9), Purwakarta (15/9), Majalengka (16/9), Kuningan (18/9), Purwokerto (19/9), Tegal (20/9), Ungaran (22/9), Salatiga (23/9), Banjar (25/9), Ciamis (26/9) dan Sumedang (28/9).

“Kegiatan ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat,: kata Dodi Ketua TBM Nurul Huda Majalengka sudah siap menyambut kegiatan pada 16 September nanti.

Sementara itu menurut Gol A Gong dengan mengutip penelitian UNESCO, idealnya 1 pemustaka mengakses 3 buku per tahun. Tetapi realitasnya, menurut Perpustakaan Nasional, 1 buku diakses 90 pemustaka. Sedangkan IKAPI baru bisa menyediakan 40 juta buku per tahun.

“Artinya jumlah buku yang terbit tidak sebanding dengan jumlah penduduk di Indonesia. Maka sebagai bentuk kepedulian juga tanggung jawab sosial, Duta Baca Indonesia bersama Adaro Energy dan Perpunas RI menyelenggarakan Safari Literasi Duta Baca Indonesia ke beberapa daerah di Pulau Jawa,” ujarnya.

Lihat Juga  Duta Baca Gol A Gong Safari Literasi ke 33 Kota di Jawa – Bali – NTB – NTT

Di laman instagram @golagong menjelaskan tentang proses penulisan buku terbarunya “Gong Smash.”  “Saat saya menulis Gong Smash, justeru saya bahagia dan gembira. Ini hal yang sejak lama ingin saya tuliskan. Saya langsung menulis mengikuti outline yang saya buat di hari pertama, 8 Juli 2021. Setelah itu tidak bisa dihentikan, kata-kata membentuk kalimat, mengalir deras.”

Menurutnya, saya menulis buku Gong Smash ditemani Yess, Genesis, EmineM, Epic High, The Animal, Koes Plus, dan Rhoma Irama. “Kadang diselingi membuat konten YouTube, membaca puisi, menulis status di medsos. Isteri saya – Tias Tatanka membiarkan saya ‘kesurupan’ sendirian di ruang kerja. Tias dengan tekun mendukung saya, dia mengirimkan sarapan dan makanan kesukaan saya. Betul-betul happy,” kata penulis kelahiran 15 Agustus 1963.

Gol A Gong berhasil menyelesaikan penulisan Gong Smash dalam waktu  15 hari. Proses menulis buku Gong Smash ini unik. “Menurut saya baru pertamakali terjadi. Ditulis secara maraton sepanjang 8-23 Juli 2021, dibayangi pandemi Covid-19, dan PPKM. Menulis, editing, lay out, cover, dan pra pesan. Bayangkan, jika saya atau Daniel sakit? Ini adalah wilayah kreativitas yang harus saya tebarkan kepada masyarakat,” kata Gol A Gong.

Editor : Maspril Aries

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button