NASIONAL

SKK Migas Sumbagsel dan PT Pertamina EP Asset 2 Bantu Pencegahan Covid-19

EkbisNews.com, Prabumulih – SKK Migas perwakilan Sumatera bagian Selatan (Sumbagsel) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang beroperasi di wilayah ini terus bergerak menyalurkan bantuan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satu KKKS PT Pertamina EP Asset 2 menyalurkan bantuan ke rumah sakit, puskesmas dan institusi lainnya serta ke masyarakat.

Dalam siaran pers SKK Migas Sumbagsel, BUMN Pertamina EP Asset 2 diantaranya telah menyalurkan bantuan hand sanitizer dan alat pelindung diri (APD) sebagai bentuk partisipasi nyata dalam pencegahan dan penanggulangan pandemik Covid-19.

Sebanyak 2.600 paket hand sanitizer dan 200 paket lengkap APD mulai disalurkan terutama kepada rumah sakit, puskesmas, institusi dan masyarakat yang memiliki resiko tinggi terpapar virus yang belum ditemukan vaksinnya tersebut.

Hand Sanitizer juga diberikan kepada institusi-institusi yang melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat seperti kepolisian, PMI, kantor camat dan kantor desa, beberapa pasar dan rumah ibadah di wilayah kerja ke- Pertamina EP Asset 2 yaitu Limau field, Pendopo Field, Prabumulih dan Adera field. “

“Secara keseluruhan tidak kurang dari 103 institusi menerima bantuan ini yang tersebar di delapan kabupaten dan kota di Sumatera Selatan,” kata Andi Arie Pangeran Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel yang didampingi Atika Rusy Kuncoro Government Relations Analyst PT Pertamina EP Asset 2.

Menurut Atika Rusy, PT Pertamina EP Asset 2 juga tengah mempersiapkan bantuan 8.000 masker medis dan 800 hazmat APD medis sebagai tambahan dukungan kepada para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan terhadap pasien dengan status ODP, PDP dan positif Covid-19.

Lihat Juga  Lokasi Perburuan Harta Karun Sriwijaya di OKI Dijaga Polisi

Sementara itu General Manager PT Pertamina EP Asset 2 A. Pujianto menjelaskan, penyaluran bantuan dilakukan seefektif mungkin dengan mengedepankan prinsip self distance. “Tidak perlu seremonial. Cukup memastikan keberangkatan. Makin sedikit orang berkumpul, makin efektif, makin baik,” katanya.

Selain bantuan tersebut, Pertamina EP 2 juga melakukan tindakan pencegahan di lingkungan perkantoran dan perumahan. Dengan penyemprotan disinfektan di semua fasilitas, serta penutupan sementara untuk umum fasilitas gedung pertemuan dan olahraga serta masjid, peniadaan kegiatan di luar operasional yang berpotensi mengumpulkan orang banyak, serta pengecekan suhu tubuh bagi tamu maupun pekerja disemua akses masuk perusahaan.

Atas kepedulian KKKS tersebut Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Adiyanto Agus Handoyo menyampaikan apresiasinya kepada PT Pertamina EP Asset 2. “Saya sangat mengapresiasi atas tersalurnya bantuan ini, memang langkah yang dilakukan tanpa seremonial ini saya pikir adalah yang paling tepat sebagai salah satu usaha kita membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sehingga kita perlu melakukan social distancing dan tidak berkerumun dulu,” katanya.

Meski di tengah pandemik Covid-19, SKK Migas – PT Pertamina EP Asset 2 tetap beroperasi demi menjaga ketersediaan minyak dan gas bumi untuk menjaga rantai pasokan BBM dan gas rumah tangga serta kebutuhan energi lainnya.

Lihat Juga  Tes CPNS Pemkab Muba Siapkan 300 Unit Komputer

“Kegiatan hulu migas ini adalah bidang yang tetap harus beroperasi dalam rangka menjaga ketahanan energi nasional. PT Pertamina EP Asset 2 akan terus berusaha menjalankan kegiatan operasional hulu migas di wilayah kerjanya. Kami juga mengharapkan dukungan masyarakat dan doa agar dapat terus memberikan pengabdian di tengah mewabahnya pandemik Covid-19 ini,” ujar Adiyanto.

Selain Pertamina EP Asset 2 KKKS di wilayah Sumbagsel juga menyalurkan bantuan di Provinsi Jambi. KKKS lain yang telah menyalurkan bantuannya dalam pencegahan penyebaran Covid-19 antara lain,PT Medco E&P Indonesia di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Kabupaten Muara Enim, dan Kabupaten Banyuasin.

PT Seleraya Merangin Dua melakukan sosialisasi dan penyemprotan cairan disinfektan disekitar rumah warga, ruko dan bangunan ibadah di Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara. PT Pertamina Hulu Energi Ogan Komering memberikan bantuan di desa ring I wilayah kerjanya. KKKS Talisman Sakakemang B.V dan KKKS Repsol South Sakakemang S.L memberikan bantuan di Kabupaten Muba.

Kemudian KKKS ConocoPhillips Grissik Ltd memberikan bantuan di Muba dan Kota Palembang. PT Tiarabumi Petroleum memberikan bantuan di Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Di Provinsi Jambi KKKS Petro China International Jabung Ltd menyalurkan bantuan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. KKKS MontD’Or Oil Tungkal ltd memberikan bantuan di Kabupaten Tebo. PT Pertamina EP Asset 1 Jambi Field memberikan bantuan RSUD Raden Mattaher Jambi.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button