Bisnis

Saham PT Taspen di PTBA Tbk Meningkat Jadi 3 Persen

Jajaran Direksi PTBA Tbk dan PT Taspen (Persero)

EkbisNews.com, Jakarta – Sinergi dua BUMN, PT Bukit Asam (PTBA) Tbk dan PT Taspen (Persero) berlangsung dalam kepemilikan saham. PT Taspen melakukan pembelian saham treasuri BUMN tambang batu bara yang berpusat di Tanjung Enim, Sumatera Selatan (Sumsel).

Dalam siaran pers PTBA, pada publikasi pengalihan saham, Rabu (29/3) yang dihadiri direksi PTBA dan PT Taspen menyebutkan bahwa dari total saham treasuri 303.148.000 lembar saham, sebanyak 262,5 juta lembar saham dibeli oleh PT Taspen atau sebesar 87 persen dari total jumlah pengalihan saham dengan nilai transaksi sebesar Rp 598,5 miliar,

Dengan pembelian saham tersebut maka kepemilikan saham PT Taspen pada perusahaan anggota holding  BUMN pertambangan MIND ID meningkat dari dari 95,9 juta lembar atau 1 persen menjadi 358,4 juta lembar saham atau 3 persen.

Lihat Juga  Musim Tanam 2020 Stok Pupuk Bersubsidi PT Pusri Aman
FOTO : Maspril Aries

Dalam keterangannya Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Suryo Eko Hadianto mengatakan, “Semoga dengan telah terealisasinya pengalihan saham treasuri ini, semakin menguatkan hubungan baik antara PTBA dan PT Taspen dalam kerangka sinergi BUMN. Kami berharap hal ini ke depan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi semua pihak.”

Sementara itu Direktur Utama TASPEN Antonius N.S Kosasih mengatakan, “Taspen sangat percaya dengan kinerja dan profesionalitas PT Bukit Asam Tbk dalam industri batu bara. Pembelian saham ini menjadi alternatif investasi bagi Taspen mengingat harga batu bara semakin meningkat dan menguat.”

Sebelumnya pada 22 September 2021 Bukit Asam telah melakukan pengalihan saham treasuri sebesar 303.148.000 lembar saham. Saham treasuri yang dialihkan ini merupakan saham treasuri yang dibeli kembali (buyback) oleh perseroan pada tanggal 2 September 2015 sampai 1 Desember 2015 dengan total realisasi pembelian kembali sebanyak 330.296.000 lembar saham.

Lihat Juga  Dishub Palembang Ingatkan Pengunjung mini Market Tidak Usah Bayar Parkir

Proses pengalihan saham treasuri ini dilakukan dengan metode penjualan di luar bursa atau private placement yang dibantu oleh tiga perusahaan sekuritas BUMN, PT BNI Sekuritas, PT BRI Danareksa Sekuritas, dan PT Bahana Sekuritas.

Dari total saham treasuri 303.148.000 lembar saham, sebanyak 262,5 juta lembar saham berhasil dibeli oleh PT Taspen (Persero) atau sebesar 87 persen.

Sementara itu menurut Suryo Eko, dari 22 sampai 29 September saham PTBA sudah naik dari Rp2.280 ke posisi Rp2.640. “Saya yakin dan berharap Taspen membeli saham untuk longterm karena manfaatnya akan lebih besar,” ujar mantan Direktur MIND ID.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button