Energi

PLTP Rantau Dedap Supreme Energy Pasok Listrik 91,2 MW di Sumsel

PLTP Rantau Dedap, Sumatera Selatan.

EkbisNews.com, Jakarta – Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Rantau Dedap yang dioperasionalkan PT. Supreme Energy Rantau Dedap di Sumatera Selatan (Sumsel) mulai beroperasi secara komersial.

Dalam siaran pers yang diterima EkbisNews.com, PT Supreme Energy Rantau Dedap (SERD) perusahaan kerja sama antara PT Supreme Energy, ENGIE, Marubeni Corporation dan Tohoku Electric Power mengumumkan bahwa PLTP Rantau Dedap tahap-1 dengan kapasitas 91,2 MW pada 26 Desember 2021 telah beroperasi komersial.

PLTP yang wilayah operasional berada di tiga daerah – Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat dan Kota Pagar alam – merupakan pemasok energi listrik yang bersumber dari energi hijau bebas karbon emisi ini akan disalurkan melalui jaringan transmisi milik PT. PLN (Persero) untuk dapat mendukung kehandalan pasokan listrik di wilayah Sumatera.

Menurut Supramu Santosa pendiri dan Chairman PT Supreme Energy, “Proyek Rantau Dedap merupakan proyek panas bumi yang sangat menantang dengan lokasi yang terpencil, medan yang terjal, elevasi tinggi mencapai 2.600 meter di atas permukaan laut dan konstruksi dilakukan di tengah pandemi Covid-19.”

“Ini menunjukkan komitmen yang sangat kuat dari PT Supreme Energy dan semua mitra bisnis terhadap pengembangan energi panas bumi di Indonesia dalam rangka mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk mencapai transisi energi,” katanya.

Lihat Juga  Wartawan “EkbisNews.com” Menang di Media Kompetisi 2021 SKK Migas

PT Supreme Energy memulai studi pendahuluan pembangunan PLTP di Sumsel tersebut pada 2008 kemudian menandatangani Perjanjian Jual Beli Listrik (PJBL) pada 2012 dan langsung memulai kegiatan eksplorasi hingga tahun 2015.

Setelah menyelesaikan proses amandemen PJBL di akhir 2017, dan mencapai financial close  2018 dilanjutkan kegiatan konstruksi dan pengeboran sumur pengembangan dimulai. Untuk konsturksi PT SERD menunjuk Konsorsium PT Rekayasa Industri dan Fuji Electric sebagai kontraktor EPC. Total investasi untuk pengembangan PLTP Rantau Dedap Tahap-1 adalah lebih dari  700 juta dolar AS.

PLTP Rantau Dedap menjadi yang kedua di Sumatera dioperasikan Supreme Energy setelahnya telah beroperasi PLTP Muara Laboh Unit-1 sebesar 86 MW di Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) yang dikelola PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML) dan telah beroperasi sejak Desember 2019.

Dua proyek Supreme Energy lainnya di Sumatera adalah pengembangan Panas Bumi Muara Laboh Unit-2 80 MW dan eksplorasi PLTP Rajabasa 2 x 110 MW di Provinsi Lampung yang dikelola oleh PT Supreme Energy Rajabasa (SERB) sekarang sedang menunggu penyelesaian Amandemen PJBL dengan PT. PLN (Persero).

Lihat Juga  Bupati Muba Bebaskan Tagihan PDAM dan Listrik Warga Terdampak Covid-19

SEML adalah perusahaan kerjasama antara PT. Supreme Energy, ENGIE dan Sumitomo Corporation. INPEX Corporation bergabung sejak akhir 2021. SERB adalah perusahaan kerjasama antara PT. Supreme Energy, ENGIE dan Sumitomo Corporation.

PT Supreme Energy adalah perusahaan swasta nasional yang berdiri 2007 oleh tenaga ahli berpengalaman dan pengetahuan yang luas di bidang energi di Indonesia, dan terlibat secara langsung di industri minyak dan gas bumi serta pengembangan dan operasional panas bumi selama lebih dari 40 tahun. Supreme Energy menandatangani PJBL  pada 2012 untuk pengembangan tiga Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) dan merupakan perusahaan pelopor dari pengembangan panas bumi oleh sektor swasta  di Indonesia.

Sementara mitranya, ENGIE adalah perusahaan internasional yang bergerak dalam pengembangan dan penyediaan jasa energi rendah karbon. Sementara Marubeni Corporation merupakan korporasi internasional yang menangani berbagai macam aktivitas bisnis. Dan Tohoku Electric Power yang berdiri 1951 adalah perusahaan Jepang yang bangkit setelah perang. Tohoku menggabungkan berbagai sumber energi untuk pembangkit listrik, termasuk energi panas, tenaga air, panas bumi dan energi surya yang dapat menghasilkan listrik yang stabil dan terjangkau.

Editor : Maspril Aries

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button