NASIONAL

Bupati Muba Bebaskan Tagihan PDAM dan Listrik Warga Terdampak Covid-19

EkbisNews.com, Sekayu – Berbagai kebijakan yang meringankan beban warga Musi Banyuasin (Muba) yang terdampak wabah Covid-19 terus dikeluarkan Bupati Muba Dodi Reza Alex. Kali ini membebaskan tagihan pembayaran pemakaian air PDAM Tirta Randik dan listrik PT Muba Elektrik Power (MEP).

“Selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 saya mempersiapkan anggaran dana termasuk untuk penanganan dampak ekonominya. Dalam rangka membantu warga kurang mampu terdampak Covid-19 maka mereka kurang mampu yang menjadi pelanggan PDAM dan pelanggan Listrik MEP dibebaskan tagihannya mulai dari bulan Mei dan Juni 2020,” kata Bupati Dodi Reza Alex, Rabu (15/4).

Menurut Dodi Reza Alex, pembebasan tagihan berlaku bagi kategori pelanggan terbawah. “Pembebasan tagihan tersebut untuk meringankan beban masyarakat terkait dampak wabah Covid-19. Apa lagi pada bulan April umat muslim menjalankan ibadah puasa dan melaksanakan Idul Fitri Tahun 2020. “Kami ingin masyarakat Muba yang sedang menjalani ramadhan tetap khusyuk,” ujarnya.

Lihat Juga  Pemkot Palembang Bakal Bagun Pariwisata Berbasis Film Seperti Hollywood

Sementara itu menurut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Yusman Sriyanto selaku Pembina BUMD Muba, pembebasan tagihan rekening pemakaian air bersih untuk pelanggan di Muba dipastikan bisa mengurangi beban masyarakat.

“Pelanggan yang dibebaskan tagihan Mei dan Juni dibagi menjadi dua katagori, yaitu masyarakat kelas sosial dan kelas menengah ke bawah sesuai data. Menurutnya, masyarakat kelas sosial pra sejahtera dan masyarakat menengah ke bawah dibebaskan tagihan 100 persen. Pelanggan kategori pembebasan tagihan biaya PDAM untuk masyarakat kelas sosial pra sejahtera dan masyarakat kelas menengah kebawah berjumlah 32.611 pelanggan,” katanya.

Khusus pelanggan listrik menurut Yusman, rata- rata pelanggan listrik MEP menggunakan daya 900 VA dan sesuai dengan instruksi Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin mereka berhak 100 persen gratis dua bulan. “Jumlah pelanggan listrik MEP dengan daya 900 VA adalah 45.931 pelanggan. Ini semua yang digratiskan pembayaran listrik selama dua bulan yaitu mulai untuk bulan Mei dan Juni 2020. Semoga bantuan ini dapat mengurangi beban masyarakat yang terdampak Covid-19 ini,” ujar Yusman.

Lihat Juga  Muba Babel United FC Dapat Sponsor Baru

Selain itu PDAM dan listrik, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin juga telah menyiapkan bantuan melalui program Jaring Pengaman Sosial (JPS) dengan pemberian bantuan sembako serta bantuan alat-alat kesehatan dan medis.

Bupati Muba menginstruskikan kepada instansi terkait harus memastikan bantuan yang diberikan oleh pemerintah dapat diterima oleh masyarakat yang berhak mendapatkan. “Dampak penyebaran Covid-19 ini membuat rakyat yang kurang mampu mendapatkan beban yang sangat berat. Mereka ini yang harus mendapat perhatian,” pesannya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button