Uncategorized

Distribusi Kantung Darah Bakal Pakai Drone

EkbisNews.com, jakarta –  Pemerintah akan  memanfaatkan pesawat tanpa awak(drone) untuk mendorong kegiatan kesehata, nanti nya drone  akan di manfaatkan untuk menditribusikan kantung-kantung darah ke wilaya terpencil yang sulit di akses.

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan, sebelumnya pemerintah berencana untuk menggunakan drone untuk mendistribusikan obat-obatan. Namun, risiko besar terhadap kondisi obat akhirnya diputuskan penggunaan drone dilakukan untuk mendistribusikan kantong darah.

“No obat, bukan obat-obat tadi seperti BPOM mengatakan kita tidak mau yang beresiko. Tapi darah iya. Kalau darah, angka kematian ibu kan tinggi, salah satunya kan pendarahan. Jadi kalau misalnya melahirkan atau mau melahirkan di daerah terpencil, kan jaraknya jauh,” ujar Nila usai rapat koordinasi terbatas di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Selasa (2/4/19).

Lihat Juga  Pemkot Palembang Siapkan Hadiah Naik Haji Bagi Pendonor Darah

Nantinya, menurut dia, distribusi kantong darah menggunakan drone tersebut akan disalurkan ke puskesmas-puskesmas di wilayah terpencil.
Sementara untuk saat ini, pihaknya belum bisa menyebut partner penyedia jasa drone.

“Nanti itu di Maritim (Kemenko Kemaritiman). Bappenas untuk perencanaan. Jadi belum karena yang punya perencanaan Bappenas,” imbuhnya. dilansir dari  cnbcindonesia

Sebagai tambahan informasi, kapasitas barang yang akan dibawa oleh drone tersebut maksimal seberat 2 kilogram. Rencananya, uji coba akan dilakukan segera dengan empat wilayah utama, yaitu di Kepulauan Riau, Maluku, Papua, dan Madura. Sementara luas jangkauan area drone dapat mencapai area hingga 75 kilometer.

Lihat Juga  Lebaran,Pertamina Prediksi Konsumsi Avtur Naik 8 Persen

 

Editor : Handoko Suprianto

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button