Uncategorized

BPJS Kesehatan Menunggak, RSUD Prabumulih Terancam Tanpa Obat

Ekbisnews.com, Palembang – Tunggkan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan  mencapai Rp 12 miliar tak kunjung dibayar mengakibatkan terancamnya pelayanan RSUD Prabumulih akan tergangu.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih, dr H Efrizal MM mengatakan jika hingga akhir tahun tunggakan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tak kunjung dibayar dipastikan operasional rumah sakit akan distop.

“Tagihan RSUD Prabumulih ke BPJS mencapai Rp 12 miliar dan hingga saat ini belum dibayarkan. Jika sampai akhir tahun tidak dibayar oprasional terganggu dan bahkan bisa stop,” ungkap Efrizal ketika diwawancarai usai olahraga bersama di Gedung Dinas Perhubungan Jalan Lingkar, Jumat (8/11/2019).

“Kita sudah terus lakukan upaya penagihan dan memang kata mereka (BPJS Prabumulih-red) dana tidak turun dari pusat, uangnya tidak turun dari pusat jadi tidak bisa dibayar,” katanya.

Lihat Juga  25 Ribu Warga Palembang Belum Tercover KIS Tetap Bisa Berobat Gratis

Dampak lambatnya pembayaran itu menurut Efrizal berpengatuh terhadap kondisi rumah sakit saat ini yang mengalami kesulitan khususnya dalam pengadaan obat-obatan meskipun pelayanan tidak terganggu.

“Obat-obat harus dibayar, tunggakan kita ke distributor obat makin banyak dan jika sekian bulan tidak dibayar maka distributor lock atau mengunci tidak memberikan obat-obatan, kita terancam tidak bisa pasokan,” bebernya sebagamaiman dikutip dari tribunsumsel.com

Sementara stok yang ada hanya bisa bertahan sebulan atau hingga akhir tahun, jika tidak dibayarkan maka pihaknya bisa melayani namun tanpa obat. “Namun kita optimis, biasanya Pemkot selalu ada dibelakang kita jika ada masalah, kita akan minta bantu pemerintah,” lanjutnya.

Lihat Juga  Puan Maharani Pastikan Aturan Kenaikan Iuran BPJS Terbit Sebelum Jokowi Dilantik

Disinggung berdasarkan informasi RSUD mengajukan pinjaman ke Bank Sumsel untuk membeli obat, Efrizal membenarkan hal itu dan saat ini telah diajukan pemerintah.

“Belum tau jumlahnya tapi sudah diajukan, paling satu bulan tagihan sekitar Rp 3-4 miliar,” lanjutnya seraya mengaku jika tahun ini tak dibayar pihaknya sulit operasi.

Ditanya apakah jika hingga akhir tahun belum dibayar BPJS maka akan menghentikan pelayanan untuk pasien luar daerah, Efrizal mengaku hal itu tidak akan dilakukan.

“Pelayanan harus tetap berjalan tidak boleh stop, walaupun bagaimanapun tetap rumah sakit harus ada upaya mau minjam, minta bantuan ke masyarakat atau apapun tetap pelayanan harus diutamakan,” tambahnya.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button