NASIONAL

Presiden Resmikan Mesin ADM, Mendagri Siap Luncurkan di Muba

EkbisNews.com, Sekayu — Salah satu inovasi terbaru yang fenomenal dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) adalah Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) akan segera diluncurkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Musi Banyuasin(Muba), setelah sebelumnya diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo di Aceh.

Saat melakukan kunjungan menghadiri acara Kenduri Kebangsaan di Sekolah Sukma Bangsa, Kabupaten Bireuen, Sabtu (22/2) Presiden Joko Widodo sempat mencoba menggunakan mesin ADM tersebut. Dipandu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Direktur Jenderal Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, Presiden berkenan meluncurkan secara resmi operasionalisasi ADM dengan mencetak kartu keluarga (KK) salah seorang penduduk Bireuen.

FOTO “DUKCAPIL KEMENDAGRI

ADM di Bireuen merupakan mesin kedua yang dipasang Ditjen Dukcapil Kemendagri setelah di Magetan, Jawa Timur. Menurut data Direktorat Jendral Dukcapil Kemendagri, sudah ada empat daerah di Indonesia yang siap dan telah menggunakan mesin ADM tersebut.

Empat daerah tersebut adalah Kabupaten Magetan dengan 2 unit mesin ADM, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) 2 unit mesin ADM, Kota Tangerang Selatan 1 unit mesin ADM dan Kabupaten Wonogiri 1 unit mesin ADM.

Lihat Juga  Kini Masa Berlaku SIM Tak Lagi Berdasarkan Tanggal Lahir

Mesin ADM yang mulai diperkenalkan Direktorat Jendral Dukcapil Kementerian Dalam Negeri akhir 2019 lalu adalah mesin untuk mencetak dokumen kependudukan. Saat ini ada tujuh dokumen yang bisa dicetak via ADM, yaitu akta lahir, akta mati, akta kawin, akta cerai, kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA) dan KTP-elektronik.

Setelah Magetan dan Bireuen, Kabupaten Muba akan menjadi daerah pertama di Sumatera Selatan (Sumsel) yang pelayanan administrasi kependudukannya menggunakan mesin ADM.

“Dua mesin ADM akan kita siapkan di Kecamatan Sungai Lilin dan Kecamatan Sanga Desa. Di luar pulau Jawa mesin ADM akan ada di Kabupaten Muba dan Kabupaten Bireuen, Aceh,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatain Sipil (Disdukcapil) Muba Asmarani.

Menurut Asmarani, setelah mesin ADM tiba di Muba dalam waktu dekat ini peluncurnya akan dilakukan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. “Akan kita jadwalkan peresmiannya akan dihadiri langsung oleh Mendagri Tito Karnavian,” katanya.

Lihat Juga  Dodi, Muara Medak dan SMI

Sementara itu menurut Bupati Muba Dodi Reza Alex, keberadaan mesin ADM tersebut salah satu upaya konkrit Pemerintah Kabupaten Muba untuk terus memberi kemudahan pelayanan kepada warga Muba.

“Untuk kemudahan pelayanan terhadap masyarakat maka Pemkab Muba akan berusaha selalu menjadi yang pertama dan terdepan,” kata Bupati peraih gelar doktor bidang administrasi publik dari Universitas Padjadjaran.

Dodi menjelaskan, keberadaan mesin ADM tersebut dapat mempercepat pelayanan langsung kepada masyarakat. “Sebelumnya juga kita sudah meluncurkan program tanda tangan elektronik, ini akan terus bertransformasi demi kemudahan warga Muba,” ujarnya.

Bupati Dodi merencanakan keberadaan mesin ADM ada di setiap kecamatan. “Untuk tahap pertama, baru dua kecamatan yang disiapkan,” katanya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button