Uncategorized

Dodi, Muara Medak dan SMI

EkbisNews.com, Sekayu – Selesainya pembangunan jembatan Muara Medak I dan jembatan Muara Medak II oleh Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex disambut suka cita warga Desa Muara Medak, Kecamatan Bayung Lencir.

Jembatan Muara Medak 1 dengan bentang panjang 120 meter dan Jembatan Muara Medak II sepanjang 70 meter pada akhir Januari 2020 telah selesai pembangunannya dan siap diresmikan Bupati Dodi Reza Alex.

Walau belum diresmikan jembatan Muara Medak I dan Muara Medak II yang menghubungkan dusun di Muara Medak sudah bisa dimanfaatkan warga khususnya para pelajar yang selama ini pergi dan pulang sekolah harus menyebrang dengan naik tongkang ataupun perahu ketek.

Menurut Camat Bayung Lencir Akhmad Toyibir, warga sangat bersyukur dengan selesainya pembangunan jembatan Muara Medak I dan jembatan Muara Medak II yang menghubungkan Dusun 9 dan Dusun 2,4,7,5 dan 10 serta dusun 3 dan 4 Desa Muara Merang.

“Selama ini kalau mau ke Desa Muara Medak di Dusun 8 atau ke Kantor Camat Bayung Lencir warga harus melewati Provinsi Jambi. Sekarang warga bisa langsung terhubung. Selain itu jembatan juga sebagai akses patroli dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan,” kata Akhmad Toyibir.

Foto : Humas Pemkab Muba

Desa Muara Medak berpenduduk 15.127 jiwa, seorang warga Nuhasanah mengaku pembangunan jembatan Muara Medak sangat membantu dan memberi kemudahan kepada warga untuk beraktivitas sehari-hari. “Terima kasih Pak Bupati kami tak perlu naik tongkang lagi sekarang. Jembatan ini mempermudah hidup kami warga Muara Medak,” katanya.

Lihat Juga  Pendukung Andi Dinialdie Nyatakan Mosi Tidak Percaya Hasil Musda X Partai Golkar Sumsel

Menurut Nurhasanah, “Sekarang kami warga Muara Medak menunggu kembali kedatangan Bupati Muba Bapak Dodi Reza Alex untuk meresmikan jembatan Muara Medak ini.”

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan PR Kabupaten Muba Herman Mayori menjelaskan, dua unit jembatan pada ruas jalan Desa Mendis menuju Desa Muara Medak Kecamatan Bayung Lencir mulai dibangun Juli 2019. “Tujuan utama pembangunan jembatan adalah untuk mengatasi kesulitan warga dalam beraktivis, seperti untuk bersekolah. Jembatan ini sekaligus menyambungkan wilayah terisolir,” ujarnya.

Herman Mayori menjelaskan, untuk pembangunan dengan panjang 120 meter dan 70 meter pembiayaan berasal dari APBD Muba dengan menggunakan sumber pendanaan alternatif dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Pendanaan dari BUMN PT SMI dialokasikan anggaran dengan pagu Rp60 miliar lebih dengan anggaran yang digunakan sebesar Rp58 miliar lebih.

Pembangunan jembatan Muara Meda dikerjakan kontraktor PT Citra Prasasti Konsorindo dan konsultan PT Bennatin Surya Cipta. Spesifikasi dua unit jembatan tersebut, jembatan Medak I dengan spesifikasi rangka baja panjang 120 meter dan jembatan Medak II berupa jembatan komposit dengan panjang 70 meter.

Lihat Juga  Presiden Jokowi dan Bupati Dodi Reza Berperan dalam Film Dubai Expo

Pembangunan jembatan Muara Medak bisa segera terealisasi berkat pembiayaan dari APBD Muba dengan sumber pendanaan dari PT SMI. PT Sarana Multi Infrastruktur adalah BUMN atau “Perseroan” yang hadir dengan mandat utama menjadi katalis percepatan pembangunan infrastruktur Nasional. PT SMI hadir sejak 2009 dan terus melakukan pengembangan kapabilitas dan kompetensi, serta tak henti menciptakan beragam inovasi dalam menjalankan perannya baik sebagai fiscal tools pemerintah maupun katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Presiden Joko Widodo sendiri menawarkan langsung pinjaman dari PT Sarana Multi Infrakstruktur sebagai alternatif pembiayaan bagi daerah yang ingin membangun infrastruktur.

Pada “Pengarahan Presiden Republik Indonesia Kepada Para Gubernur, Bupati dan Wali Kota Seluruh Indonesia” di Istana Negara tahun 2017 Presiden Jokowi mengatakan, “Berkaitan dengan inovasi pembiayaan, kalau ada di daerah-daerah saudara ingin membangun rumah sakit, pasar, income dari situ jelas bisa pinjam ke PT SMI.”

Bupati Muba Dodi Reza Alex langsung memanfaatkan peluang tersebut. Dengan persetujuan DPRD Kabupaten Muba, pada 2018 Kabupaten Muba mulai mendapat pendanaan untuk pembangunan infrastruktur dari PT SMI.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button