LifeStyle

Penting, Stiker ‘Barcode’ di Kaca Mobil Baru Sebaiknya Dilepas

EkbisNews.com – Produsen otomotif menggunakan barcode atau tanda batang untuk produksi mobil-mobil terbaru. Barcode itu umumnya menempel pada kaca samping belakang dekat pilar c.

Banyak pemilik mobil yang tidak tahu fungsi dari tanda batang tersebut. Alhasil mereka ‘cuek’ dan membiarkan stiker menempel pada kaca samping. Bagi pemilik mobil baru disarankan untuk melucuti stiker putih yang ada barcode-nya.

Menurut pihak Astra Credit Companies (ACC) stiker tersebut dikhawatirkan disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

“Jangan beri kemudahan para penjahat mengetahui nomor rangka dan mesin mobil Anda,” tulis ACC, dikutip Senin (13/5).

Lihat Juga  Tiga Model KKN UIN Raden Fatah Berbasis Pandemi Covid-19

Copot stiker putih bertuliskan deretan huruf dan angka (terkadang ada barcode) di kaca samping mobil baru Anda. Jgn beri kemudahan para penjahat mengetahui nomor rangka & mesin mobil Anda! Stiker hanya untuk kepentingan selama proses pengiriman dari pabrik ke diler! #ACCautoTips

Twitter Ads info and privacy

Menurut ACC stiker itu hanya untuk kepentingan selama proses pengiriman dari pabrik ke dealer. Barcode diketahui untuk melacak informasi seputar seputar nomor mesin, nomor rangka, dan warna kendaraan.

Head Dealer Technical Support Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan barcode berupa stiker di kaca mobil fungsinya sebagai tanda identifikasi kendaraan pada saat proses logistik.

Lihat Juga  Akibat Sanksi AS, Pariwisata Kuba Anjlok 8,5 persen

“Stiker itu sebagai tanda identifikasi kendaraan saat proses logistik,” ucap Didi sebagaimana  dikutip dari cnnindonesia.com (13/5)

Ia pun tidak melihat stiker akan dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Namun untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, stiker sebaiknya dilepas karena memuat nomor mesin hingga rangka kendaraan.

“Itu kan untuk memudahkan logistik mengetahui data,” tutup Didi.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button