NASIONAL

PTBA Raih Penghargaan Proklim 2021 dari Kementerian LHK

 

EkbisNews.com, Jakarta – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) kembali memberikan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) 2021. Pemberi penghargaan dilakukan Menteri LHK Siti Nurbaya pada puncak Festival Proklim 2021 di Alboretum Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Selasa, (19/10).

Diantara banyak penerima penghargaan tersebut salah satunya PT Bukit Asam (PTBA) Tbk anggota holding BUMN Pertambangan MIND ID. BUMN tambang batu bara tersebut meraih penghargaan untuk kategori Pendukung Proklim.

Penghargaan diberikan oleh Kementerian LHK kepada divisi Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA yang dinilai berpartisipasi aktif dalam mendukung upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di lokasi program kampung iklim (Proklim).

Dalam siaran pers PTBA, Sekretaris Perusahaan Apollonius Andwie menjelaskan bahwa penghargaan Proklim 2021 diberikan oleh Kementerian LHK kepada PTBA yang dinilai berpartisipasi aktif dalam mendukung upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di lokasi program kampung iklim (Proklim) dengan Desa Binaan yaitu Desa Tanjung Tiga Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim dan Desa Tanjung Raja Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim.

Lihat Juga  Jepang dan AS Berhasil Evakuasi Warga dari Wuhan, Bagaimana RI ?

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan, Apollonius Andwie menerangkan bahwa Penghargaan ini diberikan oleh KLHK kepada PTBA yang dinilai berpartisipasi aktif dalam mendukung upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di lokasi program kampung iklim (Proklim) dengan Desa Binaan yaitu Desa Tanjung Tiga Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim dan Desa Tanjung Raja Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim.

 

Kementerian LHK juga memberikan penghargaan dari untuk Desa Tanjung Tiga berupa piala Proklim Utama sehingga menobatkan Pemerintah Kabupaten Muara Enim menerima Piagam Apreasiasi Pembinaan Proklim tingkat kabupaten/kota, dan untuk Desa Tanjung Raja menerima Sertifikat Proklim Utama.

“Semoga kedepan kita dapat terus mempertahankan dan meningkatkan upaya dalam mengurangi dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca di Kabupaten Muara Enim. Selamat atas prestasi yang sudah diraih oleh Desa Tanjung Tiga dan Tanjung Raja serta Pemerintah Kabupaten Muara Enim,” kata Apollonius.

Lihat Juga  Cemilan Sehat dari Lahan Gambut Muba Masuk Istana Wapres

Sebelumnya pada Festival Proklim 2020, Desa Pelakat, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim yang merupakan binaan CSR PTBA juga meraih Piala Proklim Lestari salah satunya adalah Desa Pelakat, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim. Penghargaan Proklim Lestari tingkat Nasional yang diberikan oleh Kementerian LHK merupakan penghargaan tertinggi sebagai desa terbaik dalam inovasi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim se-Indonesia.

Program kampung iklim (Proklim) adalah program berlingkup nasional yang dikembangkan Kementerian LHK untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Editor : Maspril Aries

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button