NASIONAL

Pertamina Waspadai Mobil Listrik

EkbisNews.com, Jakarta – PT Pertamina (Persero) mewaspadai  perkembangan industri mobil listrik di negeri terhadap perkembangan industri mobil listrik di negeri

Maklum, kalau berjalan dengan sukses, keberadaan mobil listrik akan mempengaruhi penjualan minyak Pertamina.

“Dalam situasi disrupsi ini Pertamina tetap waspada,” ungkap Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid, Kamis (15/9).

Ia mengatakan dampak negatif keberadaan mobil listrik terhadap jumlah pembelian minyak sudah terlihat di China. Penjualan minyak di Negeri Tirai Bambu stagnan beberapa waktu terakhir akibat mobil listrik.

“Tren di China luar biasa dahsyatnya, bahkan penjualan minyak di sana tidak tumbuh,” ucapnya.

Saat ini jumlah kendaraan listrik di China tercatat sebanyak 2,7 juta unit. Mas’ud memperkirakan jumlahnya akan terus meningkat dalam waktu mendatang.

Lihat Juga  BRI dan BTN Tak Punya Dirut

“Trennya terus naik dari 4,7 juta unit kendaraan listrik di dunia, China sekitar 2,7 juta unit. China dengan Indonesia tidak jauh,” jelasnya.

Oleh karena itu, Pertamina tak menutup kemungkinan untuk memperbanyak Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU). Dengan demikian, perusahaan memiliki beberapa sumber pemasukan.
“Kami tergantung regulasi, kami kan punya SPLU di Kuningan,” imbuhnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung pengembangan mobil listrik di dalam negeri. Beberapa waktu lalu, ia sudah menandatangani peraturan presiden (perpres) tentang percepatan pengembangan kendaraan bermotor listrik (mobil listrik).

Lihat Juga  “Ikan Mabuk” Tiga Dinas Pantau dan Teliti Sungai Musi

Dengan beleid itu,Jokowi mengatakan pemerintah ingin mendorong industri otomotif, dengan membangun industri mobil listrik di Indonesia. “Kami ingin mendorong agar industri otomotif mau segera merancang, mempersiapkan untuk, ya membangun industri mobil listrik di Indonesia,” pungkas dia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button