NASIONAL

Pemkot Palembang Bakal Bagun Pariwisata Berbasis Film Seperti Hollywood

EkbisNews.com Palembang – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana membangun konsep Pariwisata berbasis film di Kota Palembang.

Hal itu terungkap saat Walikota Palembang, Harnojoyo menerima paparan dari konseptor sekaligus investor Palembang City of Dream DR Alvin dan Ivan, di kediaman Dinas Walikota Palembang, Kamis (8/8/19).

“Potensi yang dimiliki Palembang ini sangat banyak. Namun hal itu harus terus kita gali dan diangkat melalui sebuah film,” terang DR Alvin sebagaiman dikuip dari rmolsumsel

Menurutnya, dukungan dan potensi untuk menjadikan Palembang sebagai kota pariwisata berbasis film telah dimiliki kota yang telah berusia 1336 tahun ini.

Apalagi Palembang memiliki tematik kuat, yang masih tersembunyi dan perlu diangkat melalui sebuah film.

“Karena Palembang Kota sungai, maka konsep yang akan dibangun adalah Asian River Film Park. Misal contoh di Pulau Kemaro dibangun sungai buatan, dan dibangun teknologi virtual sebagai pendukungnya,” ujarnya.

Lihat Juga  300 Hektare Padi di Demak Terendam Banjir

Dijelaskannya, banyak sekali wisata mancanegara yang melihat legenda sebagai tematik. Palembang sebagai East of Venesia menurutnya dapat dibangun konsep East of Atlantis River.

“Harapannya bisa menarik 1 juta pengunjung yang memiliki multiplier efek terhadap produk wisata lainnya. Singapura dengan Universal Studio-nya bisa menarik 5 juta wisatawan,” ujarnya.

Ke depannya Palembang akan menjadi daerah newbie film. Film ini akan menampilkan talenta lokal dengan multi bahasa dan disiarkan di mancanegara.

“Akan dibangun channel khusus Sriwijaya yang akan disiarkan ke mancanegara,” ujarnya.

Sementara Ivan yang juga merupakan perwakilan para investor mengaku, Palembang memiliki potensi yang sangat kuat. Hanya membutuhkan sentuhan yang bersifat internasional.

“Ini dapat direalisasikan, hanya membutuhkan dukungan pemerintah dan masyarakat. Saya mewakili komunitas investment for development, mengharapkan dukungan kuat pemerintah untuk mewujudkan lingkungan wisata yang kondusif di Palembang,” ujarnya.

Lihat Juga  Kabut Asap di Palembang Sempat Capai Kondisi Berbahaya

Walikota Palembang H Harnojoyo menyambut baik rencana membangun pariwisata Palembang berbasis film. Karena membangun pariwisata harus dilakukan dengan promosi yang baik. Contoh Hollywood dapat berkembang melalui perfilmannya.

“Promosi yang bagus itu termasuk melalui film ini. Apalagi Palembang memiliki potensi sejarah Kerajaan Sriwijaya yang dapat di ekspose,” ujarnya.

Dijelaskannya, Palembang telah memiliki brand image di dunia, salah satunya Venesia dari Timur. Tinggal bagaimana membangun image tersebut agar menjadi daya tarik Pariwisata di Palembang.

“Saya dukung dan lebih cepat lebih baik. Secara teknis apa yang menjadi potensi untuk di ekspose sebagai daya tarik wisata agar segera dilaksanakan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani menjelaskan, ini bertujuan untuk mewujudkan Palembang sebagai Kota Film.

“Banyak Kota yang berhasil mendorong Pariwisata karena film. Kita ingin Palembang juga seperti kota-kota perfilman,” tututnya singkat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button