NASIONAL

Kementerian LHK Beli Produk Petani Hutan untuk Tenaga Medis dan Wartawan

EkbisNews.com, Jakarta – Di tengah antisipasi pencegahan penyebaran virus Covid-19 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) membeli produk hasil usaha petani hutan untuk disalurkan kepada tenaga medis yang bertugas di garda terdepan penanganan virus Covid-19.

Menteri LHK Siti Nurbaya di laman media sosialnya menuliskan, produk yang dibeli dari Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) binaan Kementerian LHK di seluruh Indonesia tersebut juga dibagikan kepada wartawan/ jurnalis yang tetap menjalankan tugas di tengah pandemi virus Corona.

“Khusus untuk wilayah DKI Jakarta disiapkan 2.000 paket yang disalurkan ke berbagai rumah sakit rujukan pasien virus Covid-19 dan sebanyak 5.000 paket lainnya juga disediakan lima Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan pada masing-masing wilayahnya dengan total anggaran mencapai Rp780 juta,” kata Menteri LHK Siti Nurbaya, Sabtu (28/3).

Lihat Juga  MedcoEnergi Berdayakan Masyarakat Terdampak Pandemik Covid-19

Menurutnya, produksi yang dibagikan antara lain jahe instan, wedang uwuh, temulawak, madu, minyak kayu putih, gula semut, minuman serta makanan lain yang mengandung banyak vitamin C.

“Ke depan kami terus dorong petani hutan untuk meningkatkan produksinya, karena peminatnya juga semakin banyak. Kementerian LHK juga menyiapkan bantuan alat ekonomi produktif berupa penunjang alat-alat kerja petani untuk meningkatkan produktivitas pengelolaan kawasan hutan,” ujarnya.

Bantuan ini akan disebarkan kepada kelompok-kelompok tani hutan di lima wilayah Balai Perhutanan Sosial, yakni di Sumatera, Jawa-Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua-Maluku.

Lihat Juga  Tunaikan Janji Bupati Muba Serahkan Insentif Tenaga Medis

Untuk menyediakan perlengkapkan tersebut menurut Siti Nurbaya, Kementerian LHK mempersiapkan anggaran sebesar Rp47 miliar untuk pengadaan 470 alat ekonomi produktif dan Rp50 miliar melalui peningkatan kapasitas Pembangunan Perhutanan Sosial Nasional atau “Bang Pesona” untuk modal usaha.

Dengan berbagai langkah tersebut, Menteri LHK Siti Nurbaya berharap masyarakat mendapatkan nilai tambah produknya. “Pemerintah juga siap menyerap produk dari petani hutan untuk didistribusikan dengan prioritas untuk membantu tenaga medis dan pejuang lainnya di garda terdepan,” katanya.

Menteri Siti Nurbaya juga mengimbau untuk terus menjaga optimisme, gotong royong tolong menolong, dan tetap lakukan physical distancing agar kita bisa menekan penyebaran virus Covid-19 secara bersama-sama.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button