Bisnis

Kawasan Pasemah Air Keruh Dijadikan Lumbung Pangan Empat Lawang

Ekbisnews.com, EMPAT LAWANG- Gubernur Sumsel H Herman Deru menegaskan, 29.507 hektare luas sawah di kawasan Pasemah Air Keruh jika dikelola dengan baik  akan menjadi lumbung pangan saingan bagi Belitang. Sebelumnya, dengan keberhasilannya memajukan sektor pertanian di OKU Timur, Herman Deru mendapatkan sejumlah penghargaan dari
Pemerintah pusat yakni tujuh kali mendapatkan penghargaan P2BN serta penghargaan tertinggi berupa bintang jasa Pratama dari Presiden.
“Jadi saya tidak main main dengan masalah pertanian ini. Kalau nak buat saluran irigasi. Selama ada yang mau menanggung jawabinya malam ini juga kukirim alat berat. Daerah ini harus jadi lumbung pangan minimal dua kali panen dalam setahun,” tegas mantan Bupati OKU Timur ini.
Herman Deru meminta agar sektor pertanian di daerah ini digarap dengan baik. Sehingga hasil produksi meningkat malalui pembentukan kelompok tani. Ini, menurutnya, untuk memudahkan mendapatkan bantuan handtraktor, penyaluran pupuk dan sarana produksi lainnya.
“Daerah ini harus menjadi lumbung pangan. Menekan angka kemiskinan itu yang tercepat melalui peningkatan sektor pertanian,” tambahnya.
Gubernur juga berjanji akan memajukan sektor peternakan melalui bantuan pemberian sapi. Melalui kelompok.
Masalah keamanan juga menjadi hal penting yang tidak bisa dipisahkan. Sejumlah penyebab terjadinya kejahatan karena kesempatan. Karena itu
kesempatan harus ditutup. Niat lebih dikarenakan masalah moral. Pencegahannya tidak cukup dibebakan pada aparat kepolisian. Namun harus juga ada peran dari kalangan orang tua dan masyarakat.
“Aku tidak mau dengar ada warga sini yang terlibat dengan narkoba,” tambahnya.
Kunker Gubernur pada Kamis (21/2) petang diakhiri dengan silaturahmi dengan warga Desa Air Mayan Kecamatan Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang.
Tokoh masyarakat setempat Drs Anan Cikali dalam sambutannya meminta pengingkatasn akses jalan diwilayah setempat. Serta perbaikan saluran irigasi aor mayang. Namun di Pasemah Air Keruh ada lagi irigasi uang akan mengairi sawah di lima desa.
“Mohon ada rehap bagian saluran irigasi yang banyak rusak dari BK 1 hinnga BK 10. Sehingga akan bermanfaat untuk pengairan sawah. Selain itu masalah listrik juga menjadi permasalahan di daerah ini,” harapnya.
Wilayah Empat Lawang yang berbukit, lanjut Herman Deru menjadi tantangan tersendiri bagi bupatinya. Karena itu dia meminta Bupati Joncik Muhammad untuk tabah dan tetap semangat dalam melakukan pembangunan di Empat Lawang.
Sementara itu Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad dalam sambutannya mengajak seluruh warga untuk mendukung program pemerintah. “Mari kita dukung program pak Gubernur,” harapnya. (rilis humas pemprov sumsel)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button