NASIONAL

UI Bantu APD untuk Rumah Sakit dari Depok sampai Abepuraa

EkbisNews.com, Jakarta – Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) pada masa pandemi Covid-19 menyalurkan bantuan ke masyarakat dan rumah sakit.

Dalam siaran pers Kepala Humas dan KIP UI Amelita Lusia menyebutkan, UI saat ini sedang menjalankan penyaluran bantuan baik ke masyarakat umum, maupun ke titik-titik rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19.

“Ini merupakan bagian dari amanah pengabdian yang dilakukan oleh universitas sebagai salah satu wujud aksi nyata demi membantu serta mendampingi masyarakat dalam semangat kebersamaan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Banyak rumah sakit saat ini masih membutuhkan APD (alat pelindung diri) bagi para tenaga kesehatan yang berada di garda depan dalam upaya mencegah penyebaran virus. Keselamatan tenaga medis harus diprioritaskan.

Bantuan APD selain disalurkan ke RS Universitas Indonesia (RS UI), bantuan APD juga disalurkan ke RS Tugu Ibu, Depok. DPPM UI juga mengirimkan bantuan APD sampai ke RSUD Abepura, di Jayapura.

Lihat Juga  DPRD Sumsel Puji Bupati Muba Tangani Pencegahan Covid-19

RSUD Abepura merupakan rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19 di Papua. Pihak rumah sakit melaporkan bahwa sudah merawat dan menyembuhkan lebih dari 30 pasien. Dalam situasi darurat RSUD Abepura masih membutuhkan APD untuk para tenaga medisnya.

Sementara itu dari RS Tugu Ibu, rumah sakit ini telah pemeriksaan rapid test untuk 434 orang, dari pemeriksaan tersebut, sebanyak 30 orang dinyatakan positif. Rapid test yang dilakukan pada tenaga kesehatan sejumlah 76 orang dan yang dinyatakan tiga orang positif. Selama ini pihak RS Tugu Ibu melaporkan akses untuk APD masih menjadi kendala, dengan bantuan dari DPPM UI dan sumbangan dari masyarakat sangat membantu keselamatan tenaga kesehatan dalam bertugas.

Lihat Juga  Tembak Ditempat pada Pembakar Lahan di Sumsel

DPPM UI juga menyalurkan bantuan ke masyarakat di Kelurahan Beji Timur. Bantuan tersebut berupa masker, vitamin, hand sanitizer dan alat-alat kebersihan diri.

Menurut Amelita Lusia, kehadiran DPPM UI ke masyarakat merupakan bagian dari komitmen untuk mengabdi dan melayani. Salah satu bentuk sosialisasi yang dilakukan adalah pola hidup bersih dan sehat pada masa pandemi ini.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI Abdul Haris mengatakan, “Saat situasi kebencanaan yang butuh kesigapan, universitas melalui program DPPM yakni UI Peduli menjadi komponen yang penting dalam melakukan pendampingan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Inilah amanah kita, bagaimana keilmuan kita saat ini difokuskan untuk mengangkat penderitaan masyarakat yang disebabkan oleh pandemi.”

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button