LifeStyle

Kain Gambo Muba Pukau Ibu Negara Iriana Jokowi

EkbisNews.com, Palembang — Produk tekstil kain Gambo Muba yang sudah melalang ke manca negara penampilan motif dan desainnya memukau ibu negara Iriana Jokowi yang tengah melakukan kunjungan ke Sumatera Selatan (Sumsel).

Ibu negara Iriana dalam kunjungannya berkesempatan menyaksikan Pameran Sandang Kerajinan serta Peragaan Busana Adat Sumatera Selatan di Griya Agung Palembang, Selasa (17/9).

 

Ibu Iriana mendatangi stand Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan disambut Ketua Tim Penggerak PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza. Stand Muba yang menampilkan produk unggulan tekstil kain Gambo Muba yang mampu menarik hati ibu negara Iriana Jokowi. “Saya sangat terpukau dengan produk Gambo Muba ini. Karya lokal namun kualitasnya internasional,” kata Iriana kepada Thia Yufada Dodi Reza.

Menurut Iriana, produk Gambo Muba mampu mengangkat dan memanfaatkan kearifan lokal yang memberikan kontribusi positif baik bagi petani gambir dan juga pengrajin Gambo Muba itu sendiri.

Lihat Juga  Holding RS BUMN Siapkan Fasilitas Pengobatan Kanker Mutakhir

“Yang membuat saya terpukau ternyata bahan pewarnanya dari getah gambir dan ini tentunya sangat ramah lingkungan. Saya juga tadi mendapat informasi dari ibu Thia Yufada yang juga inisiator Gambo Muba bahwa produk tekstilnya sudah dipasarkan ke mancanegara,” ujar ibu negara Iriana.

Sementara itu Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza menjelaskan, pada Pameran Sandang Kerajinan serta Peragaan Busana Adat Sumatera Selatan, Kabupaten Muba memamerkan produk unggulan Muba yakni Gambo Muba.

“Ada berbagai desain Gambo Muba seperti jaket boomber, payung, dan kerajinan lainnya yang berbahan dasar getah gambir. Alhamdulillah Ibu Iriana tadi sangat mendukung kehadiran Gambo Muba yang menurutnya bisa menjadi trend fashion dengan menyasar semua kalangan,” kata Thia Yufada yang juga peraih penghargaan Wanita Inspirasi 2019.9.17

Lihat Juga  Saya, Eddy Koko dan Talkshow

Menurut mantan host televisi swasta tersebut, Gambo Muba merupakan produk eco-fashion yang dapat mengangkat ekonomi petani getah gambir di Muba. “Apalagi kualitas getah gambir Muba merupakan yang terbaik. Tentu dengan hasil produk gambo Muba ini baik petani gambir dan pengerajin gambo Muba pendapatan ekonominya semakin membaik,” ujarnya.

Produk Gambo Muba juga sudah beberapa kali tampil di ajang fashion nasional dan internasional dan mendapatkan respon positif bagi pecinta fashion. Diantarnya pernah tampil di Norwegia atas undangan Duta Besar Indonesia Todung Mulya Lubis.

“Alhamdulillah saat ini pemesanan baju dan produk gambo Muba lainnya sudah waiting list. Kami berharap pengrajin Gambo Muba tetap semangat dan petani getah gambir terus menjaga kualitasnya,” kata Thia Yufada.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button