NASIONAL

Hari Pertama PSBB di Palembang, Pedagang Pembeli Sesaki Pasar

EkbisNews.com, Palembang — Hari ini Rabu, (20/5) Pemerintah Kota Palembang Mulai memberlakukan Pemabatasan sosial berskala besar (PSBB), namun masih dipadati dengan berbagai aktivitas masyarakat. seperti dilihat dari aktivitas pasar tradisional yang semakin ramai, kendaraan yang melintas di jalan raya, masih ramai.

Dilansir dari sumeks.co, aktivitas di Pasar Tradisional Alang-Alang Lebar dipenuhi penjual dan pembeli. Seluruh lapak terisi. Seperti sayur, buah, bumbu, ikan, dan lapak dagangan lainnya. Hanya saja, baik pedagang maupun pembeli menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker. Di pintu masuk pasar, terdapat tempat mencuci tangan, lengkap dengan disinfektan. Kendati ramai, pembeli masih leluasa untuk berjalan menuju lapak. Tidak berkerumun.

Lihat Juga  Menteri LHK Siti Nurbaya di Universitas Glasgow Jelaskan FoLU Net Sink

Pasar ini sempat sepi saat Pemkot Palembang berwacana menerapkan PSBB pada akhir April lalu. Tetapi menjelang Lebaran, seluruh kantong-kantor parkir kendaraan dipenuhi mobil dan motor.

Rudi, salah satu pedagang buah mengatakan bahwa Pasar Alang-Alang Lebar sempat sepi saat pemerintah mewacanakan akan menerapkan PSBB pada April lalu. Namun hal itu berjalan hanya beberapa hari. Sekarang aktivitas pasar sudah normal.

“Apo lagi nak Lebaran,” kata Rudi. 

Hal serupa terlihat juga di pasar KM 5 palembang yang mana pasar tradisional tersebut  makin ramai menjelang hari Raya Idul Fitri.

Tiara Ayu Derisma, pedagang sayur di Pasar KM 5 mengungkapkan bila kondisi pasar masih sama saja ada atau tidaknya PSBB Palembang.

“Masih sama saja, ramai penuh dengan pembeli yang mau belanja untuk lebaran,” ujarnya dilansir dari sripoku.com

Lihat Juga  Sambut Lebaran, Pengiriman Paket Belanja Online ke Palembang Melonjak

Ia pun belum dapat memutuskan apakah jika nanti PSBB Palembang benar dijalankan akan menutup sementara lapak dagangannya atau tetap berjualan.

Meski dengan syarat harus mengikuti aturan pemerintah terkait pelaksanaan PSBB Palembang.”Belum tahu, kita masih tunggu perintah dari PD Pasar,” jelasnya.

Pantauan di lapangan, kondisi Pasar Lemabang pun terlihat sama.
Puluhan pedagang maupun pembeli masih melakukan transaksi jual beli dan ada beberapa yang tak mengindahkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker.

“Lupa bawa masker tadi,” kata salah seorang pembeli yang enggan disebutkan namanya saat berbelanja di Pasar Lemabang

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button