NASIONAL

Wali Kota Maulan Aklil Raih Gelar Doktor dari Unsri

Wali Kota Pangkalpinang Dr Maulan Aklil

EkbisNews.com, Pangkalpinang – Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil berhasil menyelesaikan pendidikan jenjang strata tiga (S3) pada Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (Unsri).

Dalam sidang promosi doktor yang berlangsung secara virtual, Senin (16/8) dengan dipimpin Guru Besar Unsri Zainuddin Nawawi yang menjabat Wakil Rektor I Unsri, Maulan Aklil dinyatakan lulus dan berhak meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen.

Maulan Aklil yang akrab disapa Molen berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Kepemimpinan Resonan, Konsep Diri, Dan Kesadaran Berorganisasi Terhadap  Keterlibatan Kerja Melalui Budaya Etnik  Pada Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Pangkalpinang” dihadapan penguji Raden Andi Sularso, Mohamad Adam dan Zakaria Wahab.

Dalam pemaparannya Molen dengan tenang, lancar dan lugas, menjelaskan hasil penelitiannya dan menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan  yang diajukan tim penguji.

Dalam ujian virtual tersebut Maulan Aklil berada di Pangkalpinang dan sementara tim penguji dan Promotor Badia Perizade, Co Promotor Agustina Hanafi dan Bambang Bemby berada di tempat berbeda diantaranya di Palembang.

Lihat Juga  Advokat Muda Peradi Palembang Ikut Pelatihan Advokat Menulis

Pada akhir sidang Zainuddin Nawawi menyatakan, “Setelah melalui rapat tertutup tim penguji, maka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim  saya atas nama Rektor Universitas Sriwijaya menyatakan bahwa Maulan Aklil  NIM : 01023621722004  dinyatakan lulus ujian akhir disertasi.”

Menurut Maulan, penelitian dari disertasinya adalah untuk menguji kepemimpinan resonan, konsep diri dan kesadaran berorganisasi terhadap keterlibatan kerja. Serta menghasilkan novelty/ keterbaruan pada penelitian ini dengan mengunakan budaya etnik dengan dimensi nganggung dan dimensi dak kawa nyusah sebagai variabel intervening.

“Pada penelitian ini didapatkan budaya etnik dengan dimensi nggangung berkontribusi dan pengaruh positif dalam meningkatkan keterlibatan kerja, sementara dimensi dak kawa nyusah tidak berpengaruh terhadap keterlibatan kerja. Hasil penelitian dari disertasi ini telah diterima jurnal terindeks scopus,” kata Wali Kota Pangkalpinang.

Dengan capaian tersebut pada laman Instgramnya @maulanaklil menulis, “Alhamdulillah tahun 2021 bulan Agustus, menyambut kemerdekaan semue lah beres😁🙏🏼 makasih ok keluarga ku, seperadik semue lah dukung. Salam sehat salam hormat salam semangat💪💪💪”

Lihat Juga  Jakarta Jadi Tuan Rumah Ajang Formula E Jadi Momentum Kenalkan Kendaraan Ramah Lingkungan

Menurut Molen, jenjang pendidikan S-3 telah dijalankan sejak awal tahun 2017  saat masih menjadi ASN di Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan.

Sejak November 2018 Maulan Aklil yang terpilih sebagai Wali Kota Pangkalpinang terus menekuni pendidikan pada Program Doktor di Unsri tempat ia menamatkan pendidikan S1 di Fisip Unsri.

“Semangat, kerja keras, pantang menyerah, terus berjuang  dan  motivasi dari keluarga serta  doa dari masyarakat yang mengantarkan saya meraih doktor saat ini. Insya Allah dengan telah selesainya S3 ini akan membangkitkan saya untuk terus berbagi ilmu, mengabdi dan melayani masyarakat Pangkalpinang khususnya dan Bangka Belitung umumnya,” kata Molen yang memulai karirnya sebagai pegawai negeri sipil di Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel.

Editor : Maspril Aries

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button