LifeStyle

Viral, Ibu-ibu Nyetrika Pakai Panci, Lihat Hasilnya

EkbisNews.com, Jakarta – Viral ibu-ibu nyetrika pakai panci, ternyata gegara ini, sampai muncul dan trending #terimakasihpln.

Seperti berita yang sudah beredar sebelumnya, sejak Minggu (4/8/2019) terjadi pemadaman listrik masal untuk daerah Jabodetabek tepatnya pukul 11.48 WIB.

“Mohon maaf atas gangguang yang terjadi, saat ini pukul 11:48 WIB sistem Jakarta Banten black out/ padam. PLN sedang melakukan perbaikan namun belum dipastikan berapa lama prosesnya” tulisnya di Insta Story.

PLN Tuliskan Permohonan Maaf Atas Padamnya Listrik Secara Massal
PLN Tuliskan Permohonan Maaf Atas Padamnya Listrik Secara Massal (Instagram @pln.up3bantenutara)

Melalui feed Instagramnya, PLN juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat listrik padam.

“PLN Memohon maaf atas kejadian listik padam akibat gangguan transmisi Ungaran-Pemalang 500kV (Untuk wilayah Jabodetabek, sebagian wilayah Jawa Barat & Jawa Tengah).”

Pemadaman listrik massal ini sempat meresahkan masyarakat.

Banyak mayarakat yang mengeluhkan pemadaman listrik massal hingga menyalahkan pihak PLN.

Akibat listrik mati, beberapa transportasi di Jabodetabek mengalami kelumpuhan.

Seluruh perjalanan kereta rel listrik ( KRL) terhenti akibat pemadaman listrik di wilayah Jabodetabek, Minggu (4/8/2019) siang.

Dalam artikel Kompas.com “Gangguan di Sejumlah Pembangkit, Aliran Listrik PLN di Wilayah Jawa Padam” dijelaskan jika komuter juga berhenti akibat gangguan itu.

“Semua perjalanan terhenti karena Listrik Aliran Atas (LAA) kan off (mati) ya,” kata Vice President Communication PT Kereta Commuter Indonesia ( KCI) Anne Purba saat dikonfirmasi Kompas.com.

Lihat Juga  Ayo Jadi "Public Speaker" Raih Hadiah Jutaan Rupiah dari PTBA

Tak hanya transportasi, pemadaman listrik yang menyebabkan mati lampu massal ini juga berdampak pada gangguan jaringan seluler beberapa provider, khususnya di Jawa Barat.

Operator seluler mengandalkan pasokan listrik dari PLN agar Base Trasnceiver Station (BTS) dapat terus beroperasi.

Dengan adanya pemadaman, para operator harus mengandalkan listrik cadangan baik dari baterai atupun genset.

Lewat keterangan tertulis yang dilayangkan ke KompasTekno, Minggu (4/8/2019), Vice President Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin mengatakan pihaknya terus memonitor kondisi perangkat jaringan yang terkena gangguan karena mati listrik.

Ada beberapa wilayah yang menurut Denny terdampak pemadaman listrik, yakni Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan sekitarnya.

“Kami saat ini masih menginventarisir jumlah perangkat jaringan yang terkena dampak penurunan kualitas atas gangguan ini dan memastikan back up power berfungsi pada perangkat jaringan kami,” ungkap Denny.

Senada dengan Denny, Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communication XL Axiata mengatakan pemadaman ini memang berdampak pada menurunnya kualitas jaringan di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

“Untuk itu kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan. Tim teknis kami di lapangan terus berupaya mengatasinya dengan menghidupkan cadangan daya yang disiapkan,” katanya melalui keterangan resmi.

Lihat Juga  Menanti Mimpi Naik Kereta Cepat Jakarta – Bandung

Operator seluler Smarftren pun mengutarakan hal serupa. VP Technology Relations & Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo mengatakan pihaknya berupaya mengatasi masalah ini dengan mengandalkan penggunaan baterai untuk menghidupkan BTS.

“Smartfren menyiagakan tim 24 jam yang siap diturunkan,” kata Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relation & Special Project Smartfren, sambil menambahkan seharusnya mati listrik tak berdampak terhadap kualitas layanan untuk pelanggan. dikutip dari palembang.tribunnews.com

Meski berdampak kerugian bagi beberapa pihak yang mengandalkan aliran listrik, namun beberapa masyarakat bersyukur atas kejadian ini.

Melalui tagar #terimakasihpln yang menjadi trending di Twitter, masyarakat membagikan momen kebersamaan bersama keluarga saat mati lampu.

Dengan bermodalkan lilin dan pencahayaan sederhana, beberapa masyarakat sangat senang bisa bercengkrama dengan keluarga dan tetangga.

Tak hanya itu, seorang ibu-ibu yang nyetrika baju anak sekolah menggunakan panci dan lilin juga viral dan menjadi sorotan.

1. Ibu-ibu setrika baju anak sekolah menggunakan lilin dan panci

2. Mati lampu membuat seseorang bisa berkumpul dengan keluarga dan bercengkrama tanpa gadget

3. Mati lampu memberikan kesempatan anak-anak zaman sekarang merasakan suasana tempo dulu

4. Padam listrik mengajarkan masyarakat tentangpekerjaan berbahaya petugas PLN

5. Bisa merasakan kehangatan keluarga tanpa teknologi terutama internet

6. Padam listrik membuat masyarakat kota dengan jelas melihat bintang 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button