EKONOMISyariah

Umroh Bersama Mega Wisata Tour’s, Pelayanan Prima dan Keakraban

Banyak travel, tapi tak banyak yang menawarkan kenyamanan

EkbisNews.com Usai menunaikan ibadah umroh di Makkah dan Madinah, jamaah umroh Mega Wisata Tour’s and Travel pun akan melakukan City Tour’s di kota-kota tanah suci ini.

City Tour’s, merupakan salah satu paket yang hampir semua travel umroh meberikannya kepada jamaah umroh yang mereka rekrut. Tapi city tour’s yang dilakukan bukan hanya sekadar jalan-jalan di kota-kota Makkah dan Madinah.

Namun, City Tour’s jamaah umroh adalah sebagai Upaya untuk mengenalkan tempat-tempat bersejarah yang pernah dikunjungi atau di tempati oleh Rasulullah SAW. Begitupun yang dilakukan oleh Mega Wisata Tour’s & Travel Palembang yang memberikan literasi kepada jamaahnya untuk mengenal tempat-tempat bersejarah dan tempat suci bagi ummat Islam dunia.

Kalau di Madinah misalnya dengan menaiki bus AC yang berkelas standar Internasional menjelajahi tempat-tempat suci seperti. Fasilitas city tour mekah dan Madinah merupakan fasilitas yang baik yang biasanya di berikan oleh pihak travel umroh dalam setiap paketnya.

Dalam city tour ini Jamaah tidak perlu keluar biaya lagi karena Bus Ac yang nyaman sudah termasuk di dalamnya berikut juga Minum dan Snacknya. Untuk City Tour Mekah, jamaah harus membawa pakain ihram, Kain Ihram dan sabuk untuk jamaah pria sedangkan untuk jamaah wanita membawa sarung tangan ihram dan kaus kaki.

City Tour Mekah – Thaif

Untuk agenda city tour Mekah ini, jamaah akan diajak untuk mengunjungi tempat-tempat yang bersejarah di seputaran Kota Mekah Al Mukaromah seperti : Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Arofah, Mina. Bahkan Mega Wisata memberikan keistimewaaan tersendiri dengan mengunjungi tempat bersejarah di Kota Thaif.

Kota Thaif berada pada ketinggian 1700 mdpl, di suatu lereng Pegunungan Sarawat. Walaupun jaraknya tidak jauh dari kota Makkah, namun kota ini mempunyai iklim yang sangat berbeda dengan Makkah. Saat ini Thaif menjadi satu kawasan area pertanian yang penting di jazirah Arab.(Megawisatatour’s)

Kota yang berada di lembah Pegunungan Asir dan Pegunungan al Hada ini mempunyai sebutan Qaryat al Muluk yang artinya desanya para raja. Dijuluki nama tersebut karena kota ini banyak tempat istana peristirahatan di waktu musim panas bagi raja-raja dan orang terkemuka di Arab Saudi.

 Kota Thaif yang indah memberikan pesona tersendiri bagi para wisatawan seperti jamaah umroh atau haji yang ingin melancong ke kota tersebut. Bila ditempuh dengan kendaraan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Apa Keistimewaan Kota Thaif?

Lihat Juga  Shalat Jumat di Masjid Terapung Al Aminah, Benar-Benar Terapung

Kota Thaif dianugrahi oleh tanah subur meskipun kebanyakan merupakan kawasan bebatuan. Karena tanahnya yang subur itu maka kota Thaif dikenal dengan kekayaan produk pertanian. Banyak macam jenis buah-buahan seperti kurma, delima, anggur dan lain-lain diproduksi oleh kawasan yang subur ini.

Selain buah-buahan juga banyak terdapat macam sayur-sayuran dan bunga. Berbagai macam bunga seperti yasmin, misik dan ambar yang merupakan bahan baku untuk pembuatan minyak wangi. Dari hasil tanaman itulah sebagian di ekspor keluar negeri.

Kisah Rasulullah Di Thaif Makkah

Dalam sejarah kota Thaif Makkah di kota ini, Nabi Muhammad SAW mengalami berbagai peristiwa penting. Yang pertama adalah ketika beliau untuk mulai berdakwah agama Islam. Tiga tahun sebelum pindah, Rasulullah pergi ke Thaif untuk membujuk kaum Tsaqif saat itu merupakan penguasa di Thaif, untuk memohon perlindungan dan pertolongan.

Kepergian ke Thaif ini dilakukan tidak lama sesudah wafatnya istri beliau, Khadijah pada tahun 619 Masehi dan wafatnya paman beliau yaitu Abu Thalib pada tahun 620 Masehi yang juga merupakan sosok pelindung Rasulullah SAW saat berdakwah.

City Tour Madinah

Sama dengan city tour di Kakkah Almukarramah, city tour Madinah juga sudah termasuk Bus Ac, Snack dan Minum dan tetap di temani oleh Mutowif atau Guide. Agendanya biasanya adalah berkunjung ke Masjid Quba, Jabal Uhud dan termasuk perkebunan Kurma.

Selain itu jamaah akan diajak ke tempat-tempat yang bersejarah lainnya di Kota Madinah Al Munawaroh, khusus saat akan mengunjungi Masjid Quba, para jamaah sudah mengambil wudhu dari hotel karena tujuan pertama city tour Madinah adalah masjid Quba.

Fadilah Sholat di Masjid Quba adalah sebagaimana Sabda:“RasulAlloh SAW bersabda ” Barang siapa yang telah bersuci (berwudhu dirumahnya) Kemudian mendatangi Masjid Quba lalu sholat di dalamnya 2 (dua) Rakaat maka baginya sama dengan pahala umroh (Ibnu Majah : 1412).

Umroh Bersama Mega Wisata Seperti Keluarga

Lihat Juga  Yayasan Muslim Sinar Mas Ajak Masyarakat Wakafkan Alquran

Jamaah Mega Wisata poun melakukan salat di Masdjid Quba sebagai bentuk kenangan yang suci dalam Sejarah Peradaban Islam. Ini adalah tempat salat Rasulullah juga pada masa hijrah 14 abad lalu.Mesjid Quba adalah Mesjid yg pertama kali dibangun oleh Rasulullah SAW pada tahun 1 Hijriyah tepatnya atau tahun 622 Masehi.

“Kami sangat senang ikut umroh bersama Mega Wisata, karena semua tempat ibadah dituntun untuk bisa menunaikannya. Begitu juga mengunjungi kota-kota suci lainnya dalam city tour di Madinah dan Makkah. Walau tak bisa merasa puas di tanah suci ini, tapi bersyukur lengkap semua paket yang dilaksanakan Mega Wisata,”ujar Pelitha Nur Aminy, yang ikut dalam Umrah pulus Thaif yang dilakukan oleh Mega Wisata selama sembilan hari sejak 19 Oktober 2023 lalu.

Begitupun dengan Cek Mila dan Salamah, yang juga ikut rombongan umroh Mega Wisata, menyatakan pendapat yang sama.”Kami dibimbing secara telaten di tanah air sampai di tanah suci, terhadap semua kegiatan amal dan ibadah yang dilakukan selama peribadatan Umroh,”ujar Salamah, seorang jamaah umroh Mega

“Ikut sama Mega Wisata kiota sepeprpti satu keluarga dalam rombongan,”katanya menambahkan. “Saya kangen sama sahabat dalam rombongan ini. Kita bagaikan saudara sekeluarga besar,”ujar Itha yang ditimpali oleh Cek Mila dengan penuh haru. Mereka berdua pun berpelakukan seperti tak mau berpisaha.

Suasana beginilah yang dibangun oleh Mega Wisata Palembang dalam menjalankan program Umarh dan Haji yang setiap bulan mereka lakukan untuk mendampingi para jamaah umroh yang diselenggarakan.

“Kita komit terhadap leyananan, Jamaah Umroh ini kan saudara kita seiman. Mereka harus diberikan penaghargaan yang prima tentunya”ujar Buya RM Hendri Rivai, yang menjadi Manager Perjalanan dalam Tours Umroh Thoif Mega Wisata Tour’s & Travel Palembang.

”Semua ini kita lakukan agar jamaah umrah ataupun haji yang bersama kita merasa senang dan puas. Pelayanan kita kedepankan,”kata Direktur Sriwijaya Mega Wisata Tour’s & Travel Palembang, Salwaty. “Paket Mega Wisata selanjutnya, bulan November hingga Desember 2023 akan berjalan,”ujarnya menambahkan.

Penulis: Bangun Lubis

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button