Bisnis

Tonny Tatung: Bisnis Saya Menjaga Komitmen dan Tepat Janji

EkbisNews.com, Jakarta — Siapa yang tidak kenal  nama Tonny Tatung. Salah seorang  putra dari trah Syamsul Bahri Oemar  atau yang akrab disapa Tatung itu,  sukses sebagai salah satu pengusaha nasional asal Sumatera Selatan yang bermukim di Jakarta.

Bisnis Tonny kini kian maju. Karyawannya berjumlah ratusan orang, yang bekerja profesional dan membidangi bisnisnya dari berbagai divisi. Pria berkulit putih yang bernama lengkap Apri Reza Fachtony itu di temui pada suatu sore di kediaman pribadinya yang asri dibilangan Adityawarman Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Mengawali bisnisnya hingga sukses, diakui Tonny bukan sesuatu yang mudah baginya. Mula-mula menjadi kontraktor kecil-kecilan dengan pinjaman modal deposito milik sang ibunda, Mami Delima. “Saya dulu belum punya modal, Jadi waktu dapat pekerjaan pertama, saya pinjem deposito mami, tanpa setahu papi saya. Lantas ketika proyek usai dan saya dibayar, uang mami saya kembalikan. Baru setelah itu saya cerita ke papi,” kenang  Tonny sambal tertawa.

Diakuinya, dulu, ketika bekerja sebagai kontraktor dia belajar banyak dari sang ayah. Syamsul Bahri Tatung, (Tatung). Ayahnya merupakan salah satu tokoh Sumsel yang dikenal sebagai tentara yang  disegani  dan politisi yang dihormati. Putra ke lima dari sembilan bersaudara ini lahir di Palembang, 23 April 1959.

Suami dari Novita Ilyas ini menuturkan dirinya mulai terjun ke dunia usaha di sekitar tahun 1990 an. Waktu itu dia hampir menyelesaikan kuliahnya di Universitas Jayabaya Jakarta. Menjadi kontraktor dia tegeluti hingga akhir 2009. Berjibaku tak kenal lelah dan panjang putus asa apalagi menyerah. “Dulu  saya pernah kepingin kerja kantoran. Waktu itu saya memilih kerja di Bank Pembangunan Daerah (kini Bank Sumsel). Namun keinginan saya itu saya simpan dalam-dalam, setelah saya berkunjung ke Lahat melihat papi kerja. Saya kemudian memutuskan kerja seperti papi saja. Saya diajarin papi dan saya bisa sehingga lama-kelamaan saya nikmati pekerjaan sebagai kontraktor,” kata Tonny.

Lihat Juga  Ini Kinerja PT Solusi Bangun Indonesia Tbk di Tengah Covid-19

Dalam kurun waktu hampir 20 tahun jatuh bangun di dunia kotraktor, banyak pengalaman yang dirasakan Tonny. Sebagai salah satu kontraktor di bidang pembangunan infrastruktur  dirinya terbiasa keluar-masuk hutan membangun jalan, jembatan dan irigasi. Berbendara perusahaan pertamanya PT Mendarta, Tonny melakoni pekerjaannya secara sungguh-sungguh dan menikmatinya. Sekali waktu pernah ditipu orang namun dia jadikan itu sebagai bagian dari perjalanan hidup.

Kini dengan bendera PT Bumi Merapi Energi, pria yang mengidolakan Presiden Soekarno itu focus pada bisnis yang dia geluti, batubara. Usahanya kian maju terlebih dia memiliki lokasi  tambang  persis di kaki Merapi dengan kualitas batubara berkalori tinggi. “Kalau memilih terjun di bisnis batubara, saya kira karena pengen mengadu nasib. Sebab di tahun 2000 kan batubara belum se-booming- tahun 2015-an, tapi saya mencobanya. Saya bersyukur bisa  membuka usaha di kampung sendiri. Bisa mengajak serta masyarakat setempat bekerjasama menjadi bagian dari usaha yang saya tekuni. “Alhamdulillah, saya bisa membantu. Jika ada yang datang berkeluh kesah saya terima mereka. Saya ajak mereka dialog. Namun kebanyakan mereka meminta pekerjaan. Ya saya terima, apalagi sama-sama sebagai putra daerah. Tempat tinggal mereka tak jauh dari tempat bekerja sehingga mereka betah karena tidak jauh dari keluarga,” katanya.

Lihat Juga  Semen Baturaja Raih Kredit Sindikasi Bank Rp1,7 Triliun

Kini, Tonny  sudah memiliki segalanya dan dikenal luas dikalangan pejabat dan tokoh nasional, apa yang menjadi rahasianya. “Bagi saya yang penting menjaga komitmen dan janji harus ditetapati. Orang akan segan dan senang dengan kita, asalkan kita menjaga komitmen, tidak berbohong, apa adanya dan tidak berlebihan,” tegasnya.

Sebagai putra daerah yang telah berhasil Tonny memberikan tips lain menuju  sukses dalam berbisnis, Diantaranya, harus berani. Bertindak sedikit cowboy dalam arti positif.  Di sisi lain jangan lupa diri. Menyisihkan pendapatan untuk membantu saudara yang lagi kesusahan dan selalu bersyukur atas nikmat yang diberikannya.

Mentalitas Tonny sebagai pebisnis unggul yang tegas namun tidak melupakan saudara-saudaranya yang dalam kesusahan, merupakan sisi positif lain yang patut ditiru dari putra Hj Delima Tatung ini. Kekompakan keluarga dan restu ibunda,  dia jadikan  bekal  untuk semakin memperkokoh langkahnya menjalani usaha yang ada. (ida syahrul)

Biodata :

Nama               : H. Apri Reza Fachtony

Nama Kecil     : Tonny Tatung

Tpt/Tgl Lahir   : Palembang, 23 April 1959

Pendidikan      : S1 Universitas Jayabaya Jurusan  Akuntansi

Nama Istri       : Hj Novita Ilyas

Hobby             : Traveling

Alamat            : Jalan Adityawarman Jakarta Selatan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button