NASIONAL

Sedunia Waspadai Corona China, Ini Fakta Virus Mematikan

Virus Corona, Sejumlah Negara Imbau Wisatawan Tak ke Wuhan

EkbisNews.com, JAKARTA – Virus corona yang muncul dari kota Wuhan, provinsi Hubei, China sejak 31 Desember 2019 lalu sudah menjangkit dan menyebar di berbagai negara lain.

Sebagian besar kasus kematian terkonfirmasi baru hanya terjadi di China, namun hingga saat ini virus juga telah terdeteksi di Thailand, Vietnam, Singapura, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Nepal, Prancis, Amerika Serikat, Australia, dan bahkan di Indonesia.

 

Sederet fakta yang terkumpul sampai hari ini:

-Dilansir CBNCIndonesia.com, Korban jiwa telah mencapai sebanyak 41 orang di China akibat virus corona yang bermutasi, menginfeksi lebih dari 1.300 orang secara global. Daftar kematian ini bahkan telah meningkat dari 26 orang yang dilaporkan pada hari Jumat (24/1/2020).

– Dalam sebuah pernyataan, Komisi Kesehatan Nasional mengatakan jumlah total kasus virus corona yang dikonfirmasi di China sekarang mencapai 1.287. Saat ini otoritas kesehatan di seluruh dunia berjuang untuk mencegah penyakit ini menyebar lebih jauh.

Lihat Juga  Wacana Rektor Asing akan Dikaji

– Semua kematian terakhir terjadi di Wuhan, yakni daerah yang disinyalir menjadi pusat penyebaran virus. Menurut otoritas kesehatan di sana, penularan virus dari manusia ke manusia dipercaya berasal dari pasar di Wuhan yang memperdagangkan secara ilegal sumber dari alam liar.

– Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan virus corona sebagai “keadaan darurat di China”, tetapi belum menyatakannya sebagai kegawatan internasional. Virus ini terus menyebar secara global, otoritas di Perancis melaporkan kasus pertama yang dikonfirmasi di Eropa pada Jumat malam.

Laporan CNNIndonesia.com, disebutkan Penyebaran Virus Corona telah membuat sejumlah negara mengeluarkan imbauan waspada kepada warga mereka yang ingin bepergian. Para wisatawan yang menjelajahi dunia pun mereka minta untuk mewaspadai penyebaran virus tersebut.

Kewaspadaan perlu dilakukan terutama di daerah-daerah yang terkena dampak besar penyebaran virus.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS misalnya, telah mengeluarkan travel warning untuk Wuhan menjadi level III. Peringatan tersebut menyebabkan wisatawan harus membatalkan perjalanannya ke Wuhan.

Lihat Juga  Dinas PUPR Musi Banyuasin Perbaiki Jalan Rusak

Wisatawan yang sedang berada di China juga diimbau menghindari kontak dengan orang sakit, hewan, dan pasar hewan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga mengingatkan untuk rajin mencuci tangan.

Kantor Luar Negeri Inggris dan Commonwealth Office menyarankan untuk tidak bepergian ke Wuhan jika kepentingannya tidak mendesak.

Meskipun demikian, WHO mengumumkan Virus Corona belum menjadi penyakit darurat yang perlu diwaspadai masyarakat secara global.

“Ini memang darurat di China, tapi belum secara global,” ujar Direktur Umum WHO, Tedros Adhanom.

Saran untuk Wisatawan

Direktur Medis Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RS Presbyterian, New York, Dr. Yoko Furuya, menyampaikan tidak perlu khawatir jika hanya melakukan wisata domestik.

“Meskipun virus ini berkembang di Wuhan, bukan berarti di wilayah lain aman dari infeksi penyakit ini, wisatawan asing memang harus tetap waspada, namun ini bukan masalah besar bagi wisatawan domestik,” ujarnya.

Editor: Bangun Lubis

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close