Syariah

Ridwan Kamil Desain Masjid Agung Pangkalpinang Berkubah Timah

Maulan Aklil : Bedepor (Keren)

Desain Masjid Agung Pangkalpinang Oleh Ridwan Kamil

EkbisNews.com, Pangkalpinang – Keinginan warga Kota Pangkalpinang memiliki sebuah masjid agung Insya Allah segera terealisasi. Wali kota Pangkalpinang Maulan Aklil pada awal 2021 lalu menyampaikan rencana pembangunan sebuah Masjid Agung dengan desain berlapiskan timah yang akan berdiri di tengah ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Untuk merealisasikan rencana tersebut Wali Kota Pangkalpinang yang akrab disapa Molen menghubungi Ridwan Kamil arsitek handal Indonesia yang juga menjabat Gubernur Jawa Barat (Jabar). Gayung bersambut, gubernur yang akrab disapa Kang Emil setuju membuat desain Masjid Agung Pangkalpinang.

Pada Rabu malam (28/7) desain Masjid Agung Pangkalpinang pun disiar luaskan Ridwan Kamil di laman Instagram @ridwankamil. Sang arsitek mem-posting video singkat “Desain Masjid Agung Pangkalpinang.”

Langsung postingan tersebut mendapat berbagai  tanggapan, diantaranya dari Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil. “Kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Pak Gub @ridwankamil atas konsep dan desain yg “bedepor (keren)” Insyallah lekas terwujud ya Pak amin..” tulisnya di IG @ridwankamil.

Wali Kota Maulan Aklil yang dihubungi Ekbisnews.com, Kamis (29/7) membenarkan desain Masjid Agung yang dibuat Ridwan Kamil tersebut. Menurutnya, “Insyaallah pembangunannya di atas lahan 7000 m persegi. Akan mampu menampung sekitar 1000 jemaah di dalam masjid dan 1000 jemaah lagi di bagian luar.”

Molen juga menjelaskan, jumlah anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan Masjid Agung Pangkaklpinang masih belum final menunggu DED (detail engineering design). “Untuk sumber pendanaan juga masih dalam pembahasan dengan dua skenario. Pertama melalui APBD atau keuda dengan Forum CSR dan swadaya masyarakat,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan pembangunannya, menurut Wali Kota Maulan Aklil, akan membutuhkan waktu sekitar dua tahun. “Mudah-mudahan dengan izin Allah tahun 2023 bisa selesai pembangunannya.”

Sementara itu di laman @maulanaklil, Wali Kota Pangkalpinang menulis, Tanggal 17 Maret 2021, kami pemerintah kota Pangkalpinang meminta bantuan konsep dan desain “MASJID AGUNG KUBAH TIMAH” kepada Bapak Gubernur Jawa Barat @ridwankamil yang berlokasi di bekas “gudang beras” depan alun-alun lapangan merdeka.

 Allhamdulilah kami disambut dengan baik, hasil dari diskusi,konsep dan desain beliau “sangat luar biasa”🙏🏼🙏🏼🙏🏼 sekali lagi terima kasih Pak Gub @ridwankamil

Minta doa dan dukungan semue, Bapak, ibu, seperadik biar “Masjid Agung Kubah Timah” dimudahkan jalannya oleh Allah Subhanahu Wa ta’ala. Ni mimpi kite same-same, kite gotong – royong, sebuah masjid yang berdiri berdampingan kek gereja, di tengah kota Beribu senyuman.

Ridwan Kamil dalam unggahan video Masjid Agung Pangkalpinang menuliskan :  Desain Masjid Agung Pangkalpinang. Diminta oleh masyarakat Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung untuk memberikan konsep desain arsitektur Masjid Raya. Semoga berkenan dan menjadi kebanggaan masyarakat di sana.

“Sheila Majid berpayung sambil menari.
Membeli bakmi di kota Sukabumi.
Semoga Masjid Agung ini selalu lestari.
Walau kami sudah tak ada lagi di muka bumi”

 Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button