LifeStyle

Reward dari Kementerian PUPR, Jalan Protokol Sekayu Dibangun Aspal Karet

EkbisNews.com, Jakarta –  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akhirnya merealisasikan reward untuk Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin di Sumsel. Reward yang diberikan dalam bentuk pengaspalan jalan itu terkait dengan prestasi Pemkab Muba dalam inovasi karet alam sebagai bahan baku aspal jalan.

Pengaspalan jalan sendiri dilakukan di jalan protokol Kabupaten Muba tepatnya di Jalan Jalan Kolonel Wahid Udin Kota Sekayu sepanjang 4 Km yang dikerjakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Palembang dengan menggunakan aspal karet.

PPK 1.3 Betung-Sekayu-Mangunjaya, Satker PJN Wilayah 1 Sumsel, Rolli Ekianto mengatakan saat ini sedang dilakukan penggalian dengan alat penggalian aspal (CMM) untuk memperbaiki permukaan aspal yang rusak. “Bukan tambal sulam, tapi untuk memperbaiki permukaannya, selanjutnya lubang itu akan ditutup dengan campuran aspal panas,” ujar Rolli.

Lihat Juga  Beginilah Akhir Kisah Cinta Si Doel', Sedih!

Setelah perbaikan permukaan aspal tersebut, sambung dia pekerjaan akan dilalukan dengan overlay (pengaspalan) seluruh badan jalan dengan aspal karet. “Nantinya yang diaspal sepanjang 4 Km, mulai dari pengembalian kondisi,  Baru selanjutnya kita overlay (pengaspalan) seluruhnya dengan aspal karet, mulai dari simpang  kayu are hingga mendekati rumah dinas bupati,” jelas dia.

Bupati Muba H Dodi Reza Alex mengatakan pengaspalan jalan tersebut merupakan reward dari pihak Kementrian PU PR kepada Pemkab Muba atas terobosan yang dilakukan Pemkab Muba sudah menggunakan karet sebagai campuran aspal. “Benar, itu merupakan jalan protokol kabupaten pertama di Sumsel yang di aspal karet,” katanya.

Lihat Juga  Bupati Dodi Reza Alex Bicara Otonomi Daerah di CSIS

Tahun ini dan tahun-tahun depan kata Dodi akan semakin bertambah jalan yang diaspal karet. “Akhir bulan nanti, pabrik aspal karet pertama di Indonesia didirikan di Muba untuk supply kabupaten maupun provinsi tetangga yang selama ini banyak belajar aspal karet ke muba,” tandas dia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button