NASIONAL

Ratusan Peternak Ayam Geruduk Kantor Darmin

EkbisNews.com, Jakarta – Menuntut pemerintah untuk  turun tangan menyelesaikan permasalahan harga ayam hidup yang anjlok,  ratusan peternak ayam menyeruduk kantor Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.

Ada sekitar 100 lebih peternak ayam yang berkumpul di depan kantor Darmin. Mereka berkumpul sejak pukul 10.00 WIB. Salah satu peternak, Sugeng Wahyudi mengatakan peternak yang datang berasal dari Bandung, Bogor, Cirebon, dan beberapa kota di Jawa Tengah. Kamis (5/9/2019

Dia menjelaskan anjloknya harga ayam hidup di tingkat peternak sudah menyentuh Rp 8.000 rupiah per kilogram (kg).

“Satu bulan pasca tsunami (harga ayam anjlok) anjloknya harga ayam hidup (live bird/LB) Juni lalu, kembali harga LB menyentuh harga terendah di bulan Agustus 2019 yakni Rp 8.000 rupiah per kg,” kata dia di lokasi aksi demonstrasi. dikutip dari detik.com

Lihat Juga  PTBA Bangun Stadion di Mura dan Muratara

Pihaknya mencatat, dalam kurun 9 bulan di 2019, harga ayam hidup sudah dua kali anjlok di tingkat peternak. Penyebabnya diduga karena over supply produksi ayam hidup. Hal ini diyakini karena harga ayam hidup jauh merosot di bawah harga pokok produksi (HPP) peternak.

Menurutnya faktor-faktor penyebab jatuhnya harga ayam hidup sudah terlihat sejak Agustus 2018. Harga ayam hidup selalu di bawah HPP peternak yang puncaknya terjadi di Juni 2019 dan kembali terjadi di Agustus 2019.

Pihak peternak, lanjut dia sudah melakukan berbagai upaya agar pemerintah turun tangan menstabilkan harga. Namun pihaknya menilai tak ada solusi yang tepat sehingga peternak kembali menelan pil pahit.

Lihat Juga  Terapkan Elektronik Planning (E-planning) ,Pemkab Lahat Butuh Data Valid

“Namun tak pernah ada solusi yang jitu dan berkepanjangan. Tercatat puluhan rapat koordinasi dan evaluasi yang melibatkan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perekonomian sampai Bareskrim Polri semua upaya mentok,” tambahnya.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button