Bisnis

Pusri Molor Salurkan Pupuk

EkbisNews.com, Palembang– Faktor cuara dan rendahnya curah hujan tahun ini menyebabkan distribusi pupuk bersubsidi untuk Musim Tanam (MT) Okmar (Oktober-Maret) molor dilaksanakan.

“Penyaluran pupuk untuk MT tersebut molor hingga dua bulan, karena musim kemarau,” kata Manager Rencana Dan Pengendalian Pemasaran PT Pusri Palembang, Anton Sujatmoko, di Palembang, Jum’at (29/11).

Namun demikian, Anton yang didampingi Manajer Humas Hernawan L Syamsuddin mengatakan sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dalam mendukung Kedaulatan Pangan Nasional, PT Pusri Palembang berkomitmen menjamin ketersediaan stok pupuk bersubsidi.

Anton pada acara Media Gathering PT Pusri Palembang menyebut, pada 2019, Pusri mendapat alokasi urea bersubsidi sebesar 1.146.670 juta ton. NPK bersubsidi 72.205 ton. “Hingga 27 November realisasi penyaluran urea bersubsidi sebanyak 1.017.329 ton (89%) dan NPK Bersubsidi sebanyak 70.098 ten (97%),” katanya.

Lihat Juga  PTBA Siapkan Rp 81.2 T untuk 2 Proyek Hilirisasi

Dalam menghadapi Musim Tanam l bulan Oktober 2019 Maret 2020, katanya, Pusri pada awal Nopember telah menyiapkan stok pupuk di Lini III Kabupaten wilayah tanggung jawab untuk pupuk urea bersubsidi sebanyak 166.766 ton dan pupuk NPK bersubsidi sebanyak 6.795 ton.

Jumlah ini 3 (tiga) kali lipat lebih banyak untuk urea bersubsidi den 2 (due) kali lipat lebih banyak untuk NPK bersubsidi dari ketentuan yang dipersyaratkan oleh Pemerintah (Urea : 55.333 ton dan NPK : 3.557 ton).

Disamping itu, Pusri juga melakukan pengawasan pendistribusian dan penyaluran bersama Instansi terkait yaitu Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) baik di tingkat Pusat, Propinsi maupun Kabupateanota. Hal ini untuk memastikan bahwa kegiatan pendistribusian dan penyaluran pupuk bersubsidi sesuai dengan aturan yang berlaku. (ida syahrul)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button