Bisnis

Pusri Memiliki 93 Mantri Tani Siap Bantu Petani

EkbisNews.com, Palembang – PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) tidak hanya memproduksi dan menjual pupuk ke petani. BUMN pupuk tersebut kini memiliki Mantri Tani yang bertugas mendukung pemerintah dalam menggalakkan program peningkatan produksi tanaman pangan

Dalam siaran pers PT Pusri yang diterima Ekbisnews.com, anak perusahaan PT Pupuk Indonesia tersebut kini memiliki Mantri Tani yang disebar sampai ke kabupaten dalam wilayah pemasarannya. Para Mantri Tani tersebut siap membantu petani.

“Pusri mengeluarkan program bernama Mantri Tani yang secara khusus memiliki tugas yang berkaitan dengan edukasi kepada petani. Saat ini Pusri memiliki 93 orang Mantri Tani yang merupakan staf PT Pusri,” kata Manajer Humas PT Pusri Soerjo Hartono, Sabtu (15/8).

Soerjo Hartono menjelaskan, guna mendukung pemerintah dalam menggalakkan program peningkatan produksi tanaman pangan, PT Pusri Palembang selain memastikan terpenuhinya kebutuhan pupuk bagi petani juga ikut memberi solusi kepada petani untuk meningkatkan hasil pertanian. “Pusri senantiasa menjaga mutu produk dan kualitas layanan dalam memasarkan dan menjual pupuk kepada pelanggan,” ujarnya.

Lihat Juga  Pusri Uji Coba “Platform” Digital “MyPusri” di Cianjur

Untuk menjaga mutu produk dan kualitas pelayanan, perusahaan pupuk tertua dan pertama di Indonesia tersebut melakukannya dengan pengendalian kualitas yang ketat dan memastikan produk sampai ke tangan pelanggan sesuai prinsip 7  Tepat, yaitu Tepat Jenis, Tepat Jumlah, Tepat Harga, Tepat Tempat, Tepat Waktu, Tepat Sasaran, dan Tepat Mutu.

Menurut Soerjo, seiring dengan meningkatnya inovasi di bidang pupuk dan budidaya tanaman, Pusri sebagai produsen pupuk memiliki tanggung jawab dalam melakukan edukasi, khususnya terkait teknologi pemupukan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani. “Lahirlah program bernama Mantri Tani yang secara khusus memiliki tugas yang berkaitan dengan edukasi kepada petani,” katanya.

93 Orang Mantri Tani memiliki tugas memberikan pelayanan konsultasi pertanian kepada petani berkerjasama dengan petugas penyuluh pertanian lapangan. Mantri Tani juga bertugas merekomendasikan produk-produk perusahaan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan dan sebagai penghubung antara petani dan perusahaan terkait permasalahan pupuk.

Lihat Juga  Jokowi Minta Petani Tetap Bekerja di Tengah Pandemi

Dalam menjalankan fungsi tugasnya tersebut, Mantri Tani dibekali perlengkapan antara lain peralatan uji tanah, motor dan mobil uji tanah yang sangat membantu dalam operasional sehari-hari agar dapat menjangkau segala medan.

Menurut Manajer Humas Soerjo Hartono, dengan perlengkapan tersebut sangat membantu Mantri Tani khususnya dalam proses uji tanah yang berujung pada pemberian rekomendasi pemupukan yang tepat spesifik lokasi kepada pelanggan.

Dengan kehadiran Mantri Tani yang langsung berinteraksi dengan petani PT mengharapkan semakin meningkatkan loyalitas pelanggan, khususnya petani dalam menggunakan produk Pusri. Dengan bantuan Pusri diharapkan mampu meningkatkan produktivitas panen petani serta mendukung ketahanan pangan nasional.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button