Bisnis

Pusri Kini Pasok Pupuk Sampai ke Nusa Tenggara

EkbisNews.com, Palembang – Pupuk produksi PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) kini bisa diperoleh di wilayah Nusa Tenggara dari Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT). PT Pupuk Indonesia sebagai holding BUMN pupuk menetapkan PT Pusri untuk memenuhi pasokan pupuk bersubsidi di wilayah rayon yang selama ini dipasok PT Pupuk Kaltim (PKT).

“Terhitung sejak 1 April 2021 PT Pupuk Indonesia telah mengubah wilayah atau rayonisasi tanggung jawab distribusi pupuk. Distribusi pupuk Pusri yang selama ini sampai ke Kalimantan Selatan dan Barat. Kini tanggujawabnya dialihkan memenuhi pasokan untuk Jawa Timur II sampai ke Nusa Tenggara,” kata Tri Wahyudi Saleh Direktur Utama PT Pusri pada Media Gathering, Rabu malam (28/4).

FOTO : HUMAS PT Pusri

Menurut Tri Wahyudi, selama ini wilayah rayon distribusi pupuk yang menjadi tanggung jawab PT Pusri mencakup wilayah Sumatera dari Jambi, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. “Juga kerap memenuhi pasokan untuk Sumatera Utara yang menjadi wilayah rayon dari PT Pupuk Iskandar Muda,” ujarnya.

Lihat Juga  Inalum Berkomitmen untuk Tingkatkan Industri Berbasis Aluminium

Kini dengan adanya perubahan wilayah distribusi tersebut, untuk pasokan pupuk bersubsidi di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat menjadi tanggung jawab PKT, PT Pusri memenuhi pasokan untuk Jawa Timur II mencakup Kabupaten Sidoardjo, Probolinggo, Jember dan kabupaten lainnya, juga ke Bali, NTB dan NTT.

Tri Wahyudi juga menjelaskan, BUMN pupuk tertua di Indonesia tersebut terus berupaya untuk memperluas pasar sektor komersil dan meningkatkan pelayanan. “Pusri bersama PT Pupuk Indonesia (Persero) selaku holding sedang fokus mengembangkan Program Agrosolution dan Program Customer Centric Model,” kata mantan Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog.

Agrosolusition merupakan program yang berorientasi kepada konsumen, dengan memberikan solusi bidang pertanian demi tercapainya peningkatan produktivitas hasil panen dan pendapatan petani. Sedangkan Program Customer Centric Model dimanfaatkan untuk lebih memperkenalkan produk-produk retail Pusri.

Lihat Juga  Belum Miliki Kartu Tani, Petani Bisa Beli Pupuk Bersubsidi

“Pusri juga siap mendukung penuh program Gubernur Sumsel yang menjadi lumbung pangan nasional ini. PT Pusri sangat mendukung kenaikan produktivitas pertanian, kenaikan pendapatan petani, adopsi praktek pertanian unggul dan menyediakan pupuk non subsidi melalui Program Agrosolution,” ujar Dirut Triwahyudi Saleh yang didampingi VP Humas Soerjo Hartono dan Sekretaris Perusahaan RA Rahim.

Dalam Program Agrosolution, Pusri melakukan kolaborasi dengan berbagai stakeholders, mulai dari dinas pertanian, perbankan, asuransi, distributor pupuk, dan offtaker.

Editor : Maspril Aries

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close