JAJAN

PTBA Siapkan Tanjung Enim Kota Wisata

Direktur Utama PTBA Tbk Suryo Eko Hadianto (tengah) berdialog langsung dengan warga untuk merealisasikan pembangunan Tanjung Enim Kota Wisata.

EkbisNews.com, Tanjung Enim — Keberadaan PT Bukit Asam (PTBA) Tbk di Tanjung Enim menjadi berkah bagi warga masyarakat setempat. BUMN tambang batu bara yang telah berusia 40 tahun tersebut kini ingin mewujudkan “Tanjung Enim Kota Wisata.”

Untuk merealisasikan rencana tersebut Direktur Utama PTBA TBk  Suryo Eko Hadianto bersama Direktur Operasi Produksi Suhedi dan Tim Kota Wisata (Kowis) Tanjung Enim, akhir pekan lalu selama dua hari berturut-turut bersafari menjalin silaturahmi dengan stakeholder terkait yang berada di Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

Direktur Utama PTBA berdialog langsung dengan warga.

 

Hari pertama Direktur Utama PTBA dan manajemen melakukan tatap muka dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan  (Forkompimca) Lawang Kidul dan pimpinan perwakilan BUMN yang ada di kota tambang tersebut seperti PT PLN, PT KAI, Telkom, Bank Mandiri, BNI, BSI, BSB, dan BRI di ruang rapat  Direksi, PTBA.  Suryo Eko menyampaikan rencana PTBA mendukung pembangunan di Tanjung  Enim, Kecamatan Lawang Kidul menuju lebih baik lagi.

Pertemuan yang sekaligus menjadi ajang silaturahmi tersebut Direktur Utama PTBA memaparkan rencana dan realisasi pembangunan infrastruktur Tanjung Enim Kota Wisata seperti pembangunan Plaza Saringan, Pedestrian Bedeng Kaca, Water Boom, Museum Batu Bara dan lainnya.

“Kami mengajak seluruh Forkompimca Lawang Kidul dan pimpinan BUMN secara bersama-sama mendukung Tanjung Enim menjadi Kota Tujuan Wisata,” kata mantan Direktur Transformasi Bisnis MIND ID.

Usai bertemu pertemuan tersebut Suryo Eko Hadianto bersama jajaran manajemen PTBA berangkat menuju Balai Desa Sidomulyo Kelurahan Tanjung Enim untuk bertemu warga Talang Jawa dan berdialog untuk mendukung Tanjung Enim Kota Wisata. Pada pertemuan warga meminta PTBA membangun area tempat jogging, tempat bermain anak, dan penataan tempat berjualan untuk pedagang.

Direktur Utama PTBA meninjau pasar buah Tanjung Enim

Dari Balai Desa Sidomulyo Direktur Utama PTBA menuju ke pasar buah yang ada di Tanjung Enim. Di situ Suryo Eko berdiskusi dengan para pedagang dan melihat pelaksanaan pembangunan Plaza Saringan.

Lihat Juga  Kinerja Positif PTBA Kuartal I 2021

Direktur Utama PTBA juga bertemu dengan warga Karang Asam di lapangan sepakbola Karang Asam, Kelurahan Pasar Tanjung Enim. Terjadi dialog dengan Tim Penggagas Revitalisasi Karang Asam.

Sudinoto perwakilan warga Tim Penggagas Revitalisasi Karang Asam menyampaikan terima kasih kepada Direktur Utama PTBA. “Revitalisasi Karang Asam merupakan upaya untuk mempercantik Tanjung Enim dan sejalan dengan program Tanjung Enim Kota Wisata.” katanya.

Revitalisasi Karang Asam sudah dimulai sejak September 2020 lalu, diawali dengan pembangunan Poskamling dan portal. Pembangunannya banyak mendapat bantuan dari donatur dan PTBA serta masyarakat. PTBA yang memberikan bantuan  semen dan pengerjaan dilakukan secara swadaya oleh warga Karang Asam.

“Kami gotong royong membangun revitalisasi Karang Asam ini dan juga dibantu para donatur memberikan bantuan material. Terima kasih atas bantuan PTBA,” ujar Sudinoto.

Menurut Suryo Eko, PTBA bersama warga Karang Asam memiliki komitmen sama untuk memanfaatkan aset Bukit Asam yaitu lapangan sepak bola menjadi fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Kepada warga Direktur Utama Suryo Eko menyampaikan, bahwa selama ini masyarakat banyak beranggapan pembuatan taman dan pedestrian yang dilakukan PTBA hanya menjadi tanggung jawab perusahaan. “Sehingga tidak ada rasa memiliki dan menjaga bangunan yang dibangun. Yang terjadi, bangunan fisik tidak ada artinya bagi warga. Hari ini dibangun, besok sudah rusak dan ada juga tanaman yang hilang,” ujarnya.

Untuk menumbuhkan rasa memiliki dari warga seperti di Karang Asam, menurut Suryo Eko, PTBA berkeinginan memberikan kontribusi pembangunan bersama warga  untuk membangun suatu wilayah dengan terlibat dalam pemberian material saja.

“Sehingga dengan warga yang ikut langsung membangun menjadikan bangunan yang sudah dibuat akan dirasakan kepemilikannya dan dijaga oleh warga, secara otomatis bila ada yang merusak  warga pasti marah,” ujar Suryo Eko.

Direktur Utama PTBA Tbk Suryo Eko Hadianto

“Mari kita membangun Tanjung Enim dengan cara-cara terbaik, gampang caranya, ya kalau tidak bisa membangun minimal diam. PTBA tidak hitung-hitungan membangun Tanjung Enim, karena PTBA sudah mengambil dari Tanjung Enim. Pembangunan di Tanjung Enim karena kepedulian dari PTBA,untuk itu perlu dukungan semua pihak,” kata Suryo Eko yang mulai merintis karirnya bergabung dengan PTBA setelah lulus dari Universitas Gajah Mada (UGM).

Lihat Juga  Produksi 500 Juta Barel dari Blok Cepu Sumbang Negara Rp249 Triliun

Suryo Eko Hadianto bersama Tim Kowis berkomunikasikan dengan para pengusaha lokal di Tanjung Enim serta Forum RT/RW, Lurah dan Kepala Desa yang bermuara pada keinginan yang sama untuk membuat Kota Tanjung Enim ini semakin indah dan cantik.

Kepada pada para penyelenggara pemerintahan dari tingkat RT/ RW, desa/kelurahan hingga kecamatan Suryo Eko menyampaikan, “Karena Bukit Asam peduli terhadap Tanjung Enim. Bukit Asam ingin Tanjung Enim lebih baik lagi. Untuk  itu jangan sampai tidak ada kontrol kita semua untuk  pembangunan di Tanjung Enim.”

Suryo Eko mengatakan, “Atas nama PTBA sengaja mengundang masyarakat dan pemangku  kepentingan dalam wilayah ring 0 Perusahaan yang tidak lain bertujuan untuk  mendengarkan langsung apa yang menjadi keinginan bersama dengan PTBA untuk membangun Tanjung Enim lebih baik lagi.”

Direktur Utama PTBA juga berpesan, bila ingin  memberikan kritikan bisa disampaikan melalui saluran yang benar dengan surat resmi ke PTBA dan dipastikan akan ditindaklanjuti untuk kemajuan daerah Tanjung Enim.

“Mau protes ke PTBA silahkan, sampaikan kritik langsung melalui Humas PTBA dan pasti sampai ke saya. Dengan adanya kritik, kami akan bisa berbuat lebih baik lagi dan bukan dengan fitnah di media sosial. Setiap kritik yang masuk akan dievaluasi, benar atau tidak kritikan itu. Saya kasihan bila ada warga yang membatalkan keinginanya datang ke Tanjung Enim hanya karena membaca informasi yang tidak benar,” Suryo Eko.

Camat Lawang Kidul Andrille Martin mewakili warga Kecamatan Lawang Kidul menyampaikan terima kasih kepada Direktur Utama PTBA dan rombongan telah memberikan dengan hadir langsung bersilaturahmi dengan warga Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul.

“Kepada warga Lawang Kidul saya imbau untuk kita bersama bersinergi positif dengan PTBA dalam membangun Tanjung Enim dan sekitarnya menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button