NASIONAL

PTBA Renovasi Laboratorium PCR RS BAM

HUT ke-3 Holding BUMN Pertambangan

EkbisNews.com, Tanjung Enim – PT Bukit Asam (PTBA) Tbk memberikan bantuan renovasi laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Rumah Sakit Bukit Asam Medika (RSBAM) salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim.

Bantuan tersebut diberikan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-3 holding BUMN pertambangan Indonesia Mind ID. Penyerahan bantuan renovasi laboratorium PCR dan dan peralatan PCR langsung diserahkan Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin kepada Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Muara Enim Juarsah selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Muara Enim, di RSBAM Tanjung Enim Lawang Kidul, Selasa (10/11)

Menurut Direktur Utama Arviyan Arifin, bantuan renovasi laboratorium PCR dan peralatan PCR menjadi bukti dan komitmen kepeduliannya dalam memerangi wabah Covid-19 dengan menyerahkan bantuan alat PCR dan renovasi laborarorium rumah sakit senilai Rp 5.096.698.181. “Bantuan ini sekaligus untuk menyemarakkan Charity Week we explore ke-3 Mind ID,” katanya.

Bantuan PTBA meliputi renovasi laboratorium PCR senilai Rp596.890.000. Pengadaan alat PCR Rp4.499.808.181 dengan rincian berupa penyediaan mesin M2000 system senilai Rp4,1 miliar, BSC II A senilai Rp161,7 juta, freezer, mikropipet 1000 UI 2 set, Vortec Boeco V2H, dan Reagen 1 kit 96 tes full. “Semoga dengan adanya alat PCR ini, dapat memitigasi penyebaran Covid -19 di Tanjung Enim,” ujar Arviyan.

Lihat Juga  Arviyan Arifin CEO Visioner BUMN Terbaik

Arviyan menjelaskan, PTBA secara aktif terus berkontribusi dalam memerangi wabah Covid-19 sejak awal pandemi melanda negeri ini. Hingga Agustus 2020, dana CSR yang disalurkan oleh PTBA untuk penanganan wabah Covid-19 mencapai Rp 15,3 miliar.

Bantuan dana tanggap Covid-19 ini terdiri dari bantuan alat kesehatan, bantuan langsung ke masyarakat maupun komunitas, sarana dan prasarana untuk mendukung protokol kesehatan, sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19, dan lainnya.

Bantuan juga diberikan kepada warga, tidak hanya untuk mereka yang ada di sekitar area pertambangan PTBA yang berada di Kabupaten Muara Enim, Kota Lahat, dan Prabumulih. Namun juga untuk warga yang berada di provinsi lainnya di Sumatera melalui Penugasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bina Lingkungan Insidentil.

Lihat Juga  Pj Gubernur Agus Fatoni Launching Perbaikan RTLH dan Pemberian Sanitasi Secara Serentak se-Sumsel

Sementara itu Plt. Bupati Muara Enim Juarsah menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kepedulian PTBA yang memberikan bantuan rehab laboratorium PCR dan bantuan pengadaan PCR guna memerangi wabah Covid-19.

“Alat ini sangat penting dalam rangka antisipasi Covid-19. Dengan ketatnya protokol kesehatan, kondisi Covid-19 di Muara Enim sudah cukup baik, banyak yang sudah sembuh, semoga segera hilang sepenuhnya. Terima kasih kepada PTBA yang sangat peduli terhadap penanganan Covid-19 di Kabupaten Muara Enim,” katanya.

Selain bantuan alat PCR dan renovasi laboratorium rumah sakit, PTBA melalui Corporate Sosialy Responsibility (CSR) juga membagikan 1.050 paket Rosella, 2100 masker batik kujur untuk 7 Desa yang berada di Kecamatan Lawang Kidul, masing – masing desa menerima 150 paket Rosella dan 300 batik kujur. Pemberian rosella dan pembagian masker merupakan langkah PTBA membantu Pemerintah dalam upaya memutus mata rantai Covid-19 khususnya di kabupaten Muara Enim.

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button