Energi

PTBA Bangun PLTS di Jalan Tol Bali Mandara

Pembangunan PLTS di Jalan Tol Bali Mandara Mulai dilakukan PTBA Tbk

EkbisNews.com, Denpasar –  PT Bukit Asam (PTBA) Tbk memulai pembangunan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) pada ruas jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga Tbk. Akhir pekan lalu groundbreaking dilakukan pada jalan tol tol Bali Mandara, akhir pekan lalu.

Pembangunan tersebut sebagai realisasi kerjasama antara PTBA Tbk PT Jasa Marga Tbk. Pembangunan dengan pemasangan panel surya akan dipasang di enam titik, masing-masing di akses masuk dan keluar jalur motor di gerbang tol Jalan Tol Bali-Mandara. Panjang panel surya untuk masing-masing titik tersebut adalah sepanjang 1 kilometer.

Pasokan listrik dari PLTS tersebut akan menjadi sumber listrik yang ramah lingkungan untuk lampu penerangan jalan umum (PJU), kantor operasional dan juga gerbang tol di Jalan Tol Bali Mandara. Pembangunan PLTS ini ditargetkan rampung pada Juli 2022

Groundbreaking tersebut langsung disaksikan Gubernur Bali Wayan Koster, Direktur Bisnis PT Jasa Marga Reza Febriano, Direktur Pengembangan Usaha PT Bukit Asam Rafli Yandra, Komisaris Utama PT Jasamarga Bali Tol (JBT) Bagus Cahya Arinta B, Direktur Utama PT JBT I Ketut Adiputra Karang dan Direktur Utama PT Bukit Energi Investama (BEI) Zulfarli.

Lihat Juga  Ini Tiga Buku Baru Terbitan Bukit Asam

Pembangunan tersebut sebagai dukungan dan kolaborasi dua BUMN tersebut untuk pengurangan emisi karbon global dan Presidensi G20 Indonesia 2022 yang akan berlangsung di Indonesia.

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, “Groundbreaking ini diadakan di hari yang baik untuk Provinsi Bali karena hari ini merupakan hari tumpek wayang yang salah satu upayanya adalah menjaga keseimbangan dan kebersihan alam. Hal ini juga sesuai dengan penerapan kebijakan Pemerintah Provinsi Bali yang konsisten tentang energi bersih dari hulu hingga hilir.”

Menurut Wayan, “Dengan energi bersih maka akan tercipta udara yang bersih. Udara yang sehari-hari kita hirup ini akan masuk ke tubuh kita sehingga kita akan lebih sehat. Penerapan energi baru terbarukan ini nantinya sebagai bentuk kepastian jangka panjang untuk ketersediaan energi bersih Provinsi Bali.”

Wayan Koster juga memuji pemasangan PLTS tersebut secara estetika dilengkapi dengan ornamen khas bali di Jalan Tol Bali Mandara ini juga akan semakin mempercantik jalan tol sebagai pintu masuk strategis yang menampilkan wajah Bali yang kaya budaya.

Sementara itu Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano menjelaskan bahwa Jalan Tol Bali Mandara sebagai salah satu infrastruktur yang akan mendukung pelaksanaan Presidensi G20 tahun 2022 saat ini semakin ramah lingkungan dengan dibangunnya PLTS untuk memenuhi operasional keseharian jalan tol ini.

Lihat Juga  40 Tahun PTBA Raih Prestasi di Tengah Pandemi

“Pengurangan emisi karbon global yang merupakan salah satu fokus dari Presidensi G20 Indonesia menjadi perhatian dan komitmen kita bersama. Hal ini juga selaras dengan salah satu dari tiga fokus agenda dalam Presidensi G20 Indonesia yaitu transisi energi yang berkelanjutan. Inilah yang mendasari kerja sama pembangunan PLTS dengan Bukit Asam yang turut mewujudkan upaya jalan tol berkelanjutan Jasa Marga Group,” katanya.

Direktur Pengembangan Usaha Bukit Asam Rafli Yandra mengatakan, “Dengan adanya PLTS ini merupakan wujud sinergi untuk menciptakan energi yang bersih dan berkelanjutan. Hal ini juga sebagai bukti komitmen Bukit Asam sebagai perusahaan energi untuk terus meningkatkan portofolio pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan yang semakin gencar untuk dikembangkan,”

Pembangunan PLTS di jalan tol Bali Mandara pembangunannya oleh Bukit Asam melalui anak perusahaannya PT BEI guna mendukung kegiatan usaha dan operasional PT JBT yang merupakan anak usaha Jasa Marga.

PLTS yang dibangun Memiliki kapasitas maksimum 400 kilowatt-peak (kWp). Pembangunan PLTS dimulai di gerbang tol Ngurah Rai yang selanjutnya akan diteruskan ke gerbang tol Nusa Dua dan Benoa.

 

Editor : Maspril Aries

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button