Bisnis

PTBA – Antam Akan Membentuk Perusahaan Join Venture

EkbisNews.com, Jakarta – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) akan bekerjasama dengan saudara se-holdingnya PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Keduanya akan membentuk perusahaan patungan atau joint venture.

Seperti dilansir dari detik.com,(11/3/2019).Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin menjelaskan, pihaknya akan bekerjasama dengan Antam guna membangun Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Halmahera Timur, Maluku Utara. Pembangkit listrik itu memenuhi kebutuhan listrik pabrik pemurnian (smelter) di lokasi tersebut.

“PLTD tuh penting, karena kebutuhan listrik smelter tidak bisa cuma PLTU. Karena suatu saat tertentu dia perlu daya yang tinggi, untuk bisa menjalankan smelter itu. Itu tidak semua bisa PLTU, jadi perlu backup PLTD,” terangnya di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Lihat Juga  10.000 Pelaku Jasa Sektor Keuangan Mendapat Vaksinasi Covid-19

Untuk PLTD rencananya akan dibangun dengan kapasitas 3×17 MW, sementara PLTU 3×60 MW. Total nilai investasinya diperkirakan mencapai US$ 350 juta atau setara Rp 4,9 triliun (kurs Rp 14.000).

PTBA akan menguasai kepemilikan saham 75% dalam joint venture tersebut. Sisanya akan dimiliki oleh Antam.

“Ini kita lagi feasibility study, kita harapkan secepatnya, karena kan juga mereka butuh cepat,” tambahnya.

Arviyan menambahkan, target beroperasinya kedua pembangkit listrik itu di pertengahan 2023. Sehingga sudah bisa memasok kebutuhan listrik smelter milik Antam tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button