NASIONAL

PTBA Akan Segera Bangun Bandar Udara Sendiri Pada Akhir Tahun 2019

EkbisNews.com, Palembang –  PTBA berencana akan membangun bandar udara khusus untuk PTBA pada akhir tahun 2019, hal ini disampaikan pada saat rapat di Pemkab Muaraenim, Rabu (10/7/2019).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Muaraenim Ahmad Yani, Wabup Muaraenim Juarsah, Sekda Muaraenim Hasanudin, perwakilan PTBA yakni Senior Manager Pengelolan Aset Umum dan Balitas Venpri Sagara dan perwakilan kontraktor PT Intireka Karsa Pamurtya Imam. Selain itu, dihadiri pejabat Pemkab Muaraenim dan pihak terkait.

Venpri mengatakan, jika seluruh perizinan telah selesai pada bulan Okteber 2019, maka akhir tahun 2019 akan segera dilakukan pembangunan yang diperkirakan akhir tahun 2020 bandara udara khusus tersebut sudah bisa beroperasional.

Lihat Juga  Corona,Jokowi Gratiskan Listrik Selama 3 Bulan

“Kita saat ini masih mengurus izin Amdal di Provinsi Sumsel dan Izin Mendirikan Badara dari pusat,” ujarnya.

Bandara Khusus tersebut, lanjut Venpri, akan mempunyai landasan (run way) sepanjang 1700 meter dengan lebar 30 meter.

Lahan Bandara Khusus tersebut terletak di Mahyung tidak jauh dari rumah dinas Bupati Muaraenim. Untuk dana diperkirakan akan menelan dana diatas Rp 100 milyar dan itu sudah disiapkan oleh PTBA. Adapun pesawat yang digunakan adalah jenis ATR 72-600.

“Saat ini sedang menjajaki beberapa calon maskapai yang akan digunakan, sedangkan untuk operator ke Angkasa Pura II,” ujarnya dikutip dari sripoku.com

Lihat Juga  Hari Ini 1 Juli 2020, Iuran BPJS Kesehatan Kembali Naik

Sementara itu Bupati Muaraenim Ahmad Yani, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung pembangunan bandara khusus PTBA. Setidaknya, dengan adanya bandara udara khusus tersebut kedepan bisa menjadi transportasi alternatif di Kabupaten Muaraenim selain jalan tol akan mempermudah angkutan orang dan barang yang akhirnya bisa mendukung dunia pariwisata, industri perdagangan dan seluruh sektor serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu, sambung Yani, pihaknya juga berharap akan bisa menyerap tenaga kerja lokal dibidang tenaga kerja yang bisa dilatih untuk menjadi tenaga profesional.

Editor : Handoko

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button