Bisnis

Program Agrosolution PT Pusri Gandeng Pondok Pesantren

EkbisNews.com, Palembang – Program Agrosolution yang dikembangkan PT Pupuk Indonesia bersama anak perusahaannya di beberapa daerah berlangsung sukses. Salah satu anak perusahaan PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) mengembangkan program tersebut dengan menggandeng pondok pesantren di Sumatera Selatan (Sumsel).

Bertempat di Pondok Pesantren Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang, Kamis (8/4), PT Pusri meluncurkan program “Agrosolution Sinergi Santri Membangun Negeri.”

Pada peluncuruan tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Pusri dengan Forum Pesantren Sumsel, Perum Bulog, PT Petrosida, PT Sang Hyang Seri, PT Bank Sumsel Babel Syariah, DInas Pertanian Provinsi Sumsel, dan Universitas Sriwijaya yang disaksikan langsung oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, Gubernur Sumsel Herman Deru dan Direktur Keuangan dan Investasi Pupuk Indonesia, Bpk. Eko Taufik Wibowo.

Kepada perwakilan pondok pesantren Direktur Utama Pusri Tri Wahyudi Saleh menyerahkan bantuan yaitu berupa Sarana Produksi Pertanian (saprotan) untuk Demplot Agrosolution.

PUSRI _ Direktur Utama PT Pusri Tri Wahyudi Saleh — FOTO Humas PT Pusri

Menurut Tri, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang mampu bertahan di era pandemi, karena sektor pertanian mampu menyerap banyak tenaga kerja, padat karya dan memberikan dampak perekonomian positif kepada masyarakat.

Lihat Juga  Di Tengah Pandemi Kinerja Pupuk Indonesia Positif

“Hadirnya Program Agrosolution Sinergi Santri Membangun Negeri ini diharapkan dapat menarik minat dan menjadi pilihan lain bagi para pencari kerja, terutama santri-santri disini yang merupakan generasi millennial penerus bangsa,” kata Direktur Utama Pusri Tri Wahyudi Saleh.

Selain itu Program Agrosolution bertujuan memberikan manfaat lebih bagi para petani untuk dapat bertranformasi menjadi salah satu pelaku utama dalam industri pertanian. “Program Agrosolution perlu melibatkan pondok pesantren karena memiliki kekuatan 2K yaitu kultural dan keagamaan, dan Pusri mengambil peran untuk lebih memperkuat fungsi pondok pesantren dengan penguatan K yang ketiga yaitu keekenomian, sehingga menjadi 3k atau kultural, keagamaan dan keekonomian,” ujar Tri Wahyudi.

PT Pusri akan melaksanakan Program Agrosolution Sinergi Santri Membangun Negeri ini akan dilakukan dalam tiga tahap. Pertama, pembekalan ilmu budidaya pertanian untuk para santri, yang programnya terdiri dari demplot agrosolution dan kelas pertanian ala santri.

Lihat Juga  Pupuk Indonesia Rombak Direksi Enam Anak Perusahaan

Kedua, pembekalan ilmu bisnis pertanian. Programnya terdiri dari kelas bisnis pertanian ala santri pertanian dan agro santripreneur, dan ketiga, pendirian unit bisnis pertanian Ponpes dalam bentuk toko-toko pertanian.

Tri Wahyudi menegaskan, ke depannya kolaborasi program ini dapat diperluas di seluruh wilayah Indonesia dengan didukung oleh PT Pupuk Indonesia selaku holding, institusi pemerintah terkait dan stakeholder terkait lainnya, serta Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Program Agrosolution yang digagas PT Pupuk Indonesia sempat meraih penghargaan inovasi terbaik dari sebuah ajang pada 2021. Program ini dinilai paling banyak memberikan kontribusi bagi pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Saat ini sudah banyak kisah sukses program Agrosolution. Pilot project Program Agrosolution telah membukukan hasil positif di Banyuwangi, Jember, Bima, Dompu, Ponorogo, Magetan, Madiun, dan Tuban. Adapun peningkatan rerata panen gabah kering sebesar 55,8 persen dan jagung kering sebesar 45 persen pada wilayah tersebut.

Editor : Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close